Text
MERDEKA BELAJAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN IMPLEMENTASINYA
Abstrak Informatif
Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi pembaca baik dosen mahasiswa guru kepala sekolah maupun masyarakat umum yang ingin menambah wawasan tentang Merdeka belajar pendidikan anak usia dini dan implementasinya dalam dunia pendidikan. Adapun materi dalam buku ini terdiri dari 6 bab. Bab 1 menjelaskan tentang Merdeka belajar, apa itu merdeka belajar, makna dan konsep Merdeka belajar, Seberapa penting Merdeka belajar, tujuan Merdeka belajar, tantangan Merdeka belajar, manfaat Merdeka belajar bagi guru, manfaat Merdeka belajar bagi siswa, dan manfaat mereka belajar bagi orang tua. Bab 2 menjelaskan tentang Merdeka belajar, Merdeka bermain pada anak usia dini, meliputi Merdeka belajar Fitrah pendidikan anak, esensi Merdeka belajar di Pendidikan Anak Usia Dini, makna konsep Merdeka belajar di PAUD, Merdeka belajar di masa pandemi PAUD, Merdeka belajar di sekolah, merdeka belajar bagi guru pendidik anak usia dini, merdeka belajar Merdeka bermain bagi anak usia dini, Miss konsepsi pendidikan usia dini, dan peran guru Pendidikan Anak Usia Dini. Bab 3 menjelaskan tentang kurikulum Tahun 2022 Pendidikan Anak Usia Dini dan implementasi Merdeka belajar Pendidikan Anak Usia Dini, meliputi pengertian kurikulum Merdeka belajar Merdeka belajar Pendidikan Anak Usia Dini, kurikulum baru 2022 tentang Merdeka belajar pendidikan anak usia Dini, fokus Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, karakteristik kurikulum 2022 ,perbedaan kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini dan kurikulum 2022 prototipe Pendidikan Anak Usia Dini, pergeseran kurikulum 2013 ke kurikulum baru 2022, karakteristik kurikulum 2022 Merdeka belajar di Pendidikan Anak Usia Dini, karakteristik spesifik pembelajaran Merdeka belajar di PAUD, pengganti kompetensi inti dan kompetensi dasar, pencapaian pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, lingkup dan pencapaian pembelajaran lingkup karakteristik capaian pembelajaran pada kurikulum baru prototipe 2022 ,pembelajaran dengan paradigma baru 2022, hal yang harus diketahui guru, tema-tema utama pembelajaran berbasis proyek, kerangka kurikulum baru 2022, menyusun kurikulum baru, kegiatan pembelajaran Merdeka belajar di PAUD, sekolah yang telah menerapkan Merdeka belajar pembelajaran dan strategi yang merdeka belajar di PAUD, kegiatan pembelajaran berbasis proyek dan contoh kegiatan pembelajaran, contoh rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan Pendidikan Anak Usia Dini, prinsip pembelajaran dan asesmen di PAUD, contoh kegiatan pembelajaran literasi berbasis buku di PAUD. Bab 4 menjelaskan tentang model pembelajaran Merdeka belajar di PAUD meliputi pengertian model pembelajaran, kegunaan model pembelajaran, model-model pembelajaran, langkah model pembelajaran blender learning, model pendekatan Montessori, model pendekatan Bank street, model pendekatan high/scope, model pendekatan Reggio Emilia, Beyond centers and circle time (BCCT), science Technology engineering art Mathematics (STEAM), kurikulum terpadu, kurikulum kreatif, Technological paedagogical and content Knowledge (TPACK). Bab 5 menjelaskan tentang metode pembelajaran di PAUD meliputi metode bercerita metode bermain metode bermain proyek sederhana metode eksperimen metode kerja kelompok besar metode karya wisata metode tanya jawab metode demonstrasi metode pemberian tugas sentra-sentra metode bernyanyi metode presentasi dan cerita metode pembelajaran melalui musik metode pembelajaran coding metode total physical physical respon metode pembelajaran terkini atau trend. Bab 6 menjelaskan tentang media pembelajaran di PAUD meliputi pengertian media pembelajaran, prinsip media pembelajaran, prinsip dalam pembuatan media, manfaat media pembelajaran, karakteristik dan ciri media pembelajaran, klasifikasi media pembelajaran, pembagian media pembelajaran, menurut jenis daya input dan bahannya, cara pemilihan dan penggunaan media pembelajaran di taman kanak-kanak, hal-hal yang dapat menjadi media pembelajaran di taman anak-anak, dan media loose part. (NRI)
Tidak tersedia versi lain