Text
Implementasi Merdeka Belajar di PAUD
Abstrak Informatif
Pada hakikatnya kebutuhan anak usia dini harus disesuaikan dengan hakikat anak, antara lain suka bermain, suka bergerak, ingin tahu, jujur, ingin banyak teman, memiliki kesukaan terhadap hal-hal yang baru, suka disanjung, ingin mencoba hal baru, ingin meniru dan ingin bahagia. Dalam hal ini tujuan pendidikan anak usia dini adalah membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak usia 0 sampai 6 tahun dengan memberikan rangsangan pendidikan yang menyenangkan dan meletakkan dasar-dasar pendidikan agar anak siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, sehingga pembelajaran anak usia dini lebih mengutamakan proses daripada hasil. Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi pendidik ataupun pembaca pada umumnya yang ingin menambah wawasan tentang implementasi belajar merdeka di PAUD.
Secara sistematis buku ini tersusun dalam 10 bagian. Bagian pertama menjelaskan tentang merdeka belajar meliputi hakikat merdeka belajar, guru penggerak, merdeka belajar di PAUD. Bagian kedua menjelaskan tentang anak usia dini meliputi pengertian anak usia dini, karakteristik anak usia dini, peran orang tua dan guru mensikapi karakteristik anak usia dini, kebutuhan anak usia dini. Bagian ketiga menjelaskan tentang pendidikan anak usia dini meliputi hakikat pendidikan pendidikan anak usia dini, tujuan pendidikan anak usia dini, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, prinsip-prinsip pembelajaran PAUD. Bagian keempat menjelaskan tentang implementasi merdeka belajar di PAUD melalui bermain, meliputi hakikat bermain bagi anak usia dini, belajar melalui bermain dan permainan, jenis permainan anak usia dini, syarat-syarat permainan anak usia dini. Bagian kelima menjelaskan tentang program pengembangan nilai-nilai agama dan moral, meliputi hakikat program pengembangan nilai-nilai agama dan moral, manfaat menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini, kompetensi dasar program pengembangan nilai-nilai anak dan moral, muatan pembelajaran program pengembangan nilai-nilai agama dan moral, bedah KD program pengembangan nilai-nilai agama dan moral, ragam kegiatan program pengembangan nilai-nilai agama dan moral. Bagian keenam menjelaskan tentang program pengembangan fisik motorik, meliputi hakikat perkembangan fisik motorik, program pengembangan fisik motorik, kompetensi dasar dalam program pengembangan fisik motorik, muatan pembelajaran program pengembangan fisik motorik, bedah KD program pengembangan fisik motorik, ragam kegiatan program pengembangan fisik motorik. Bagian ketujuh menjelaskan tentang Program pengembangan kognitif meliputi hakikat program pengembangan kognitif, Program pengembangan kognitif di PAUD, muatan pembelajaran program pengembangan kognitif, bedah KD program pengembangan kognitif, ragam kegiatan main pada program pengembangan kognitif. Bagian kedelapan menjelaskan tentang program pengembangan bahasa meliputi hakikat program pengembangan bahasa, program pengembangan bahasa di PAUD, muatan pembelajaran program pengembangan bahasa di PAUD, bedah KD program pengembangan bahasa, ragam kegiatan program pengembangan bahasa. Bagian kesembilan menjelaskan tentang program pengembangan sosial emosional dan kemandirian, meliputi hakikat program pengembangan sosial emosional dan kemandirian, kompetensi dasar program pengembangan sosial emosional dan kemandirian, muatan pembelajaran program pengembangan sosial emosional dan kemandirian, bedah KD program pengembangan sosial emosional dan kemandirian, ragam kegiatan program pengembangan sosial emosional dan kemandirian. Bagian kesepuluh menjelaskan tentang program pengembangan seni, Meliputi hakikat program pengembangan seni di PAUD, tujuan dan fungsi program pengembangan seni di PAUD, kompetensi dasar program pengembangan seni, muatan pembelajaran program pengembangan seni, bedah KD program pengembangan seni, ragam kegiatan program pengembangan seni. (NRI)
Tidak tersedia versi lain