Text
Keefektifan Media Lingkungan Sekolah Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Nurul Yaqin Desa Badung Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Keaktifan, Media Lingkungan Sekolah, Pembelajaran IPA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran orang tua siswa MI.Nurul Yaqin dalam menerapkan media lingkungan sebagai media pembelajaran,serta kurangnya keaktifan siswa saat pembelajaran sedang berlangsung, khususnya pada pembelajaran IPA.Oleh karena itu perlu adanya penerapan penggunaan media yang sesuai dengan keinginan dan minat belajar siswa dalam pelajaran IPA yaitu media lingkungan sekolah. Dalam penelitian ini ada dua fokus yang dibahas oleh peneliti.yang pertama yaitu sejauh mana efektifitas lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran IPA kelas IV MI.Nurul Yaqin Desa Badung Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan dan yang ke dua manfaat dalam penerapan media lingkumham sekolah pada pembelajaran IPA kelas IV MI.Nurul Yaqin Desa Badung Kecamatan Proppo Kabupten Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang dilakukan secara alamiah sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan tanpa adanya rekayasa dan jenis data yang dikumpulkan dalam kegiatan penelitian ini adalah data-data kegiatan pembelajaran IPA dengan menggunakan media lingkungan sekolah. Prosedur pengumpulan data menggunakan tiga t\teknik yaitu wawancara terkait fokus penelitian kemudian observasi serta analisis dokumentasi data yang peneliti dapatkan ketika melakukan kegiatan penelitian di lokasi penelitian
Berdasarkan hasilm paparan data dan temuan peneliti dapat disimpulkan yang pertama bahwa pembelajaran IPA Media lingkungan memberikan keefektifan yang baik terhadap pembelajaran IPA kelas IV di MI. Nururl Yaqin desa Badung Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan setelah menggunakan media lingkungan sekolah. Menggunakan media lingkungan sekolah merupakan metode belajar dimana siswa di hadapkan dengan objek secara langsung, dengan demikian maka siswa akan mendapatkan pelajaran berdasarkan pengalaman langsung yang diterimanya. kemudian yang ke dua Manfaat penggunaan media lingkungan yakni memaksimalkan pelajaran IPA dengan membawa siswa ke dunia nyata, serta siswa dapat berfikir secara mandiri dan kreatif, dengan hal inilah penyerapan materi akan lebih maksimal. Dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media belajar maka proses belajar mengajar akan lebih komunikatif.
Tidak tersedia versi lain