Text
Antecedent, Behavior dan Consequence perilaku membolos pada Sisw adi MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
Kata Kunci: Antecedent, Behavior, Consequence, Bolos.
Kenakalan remaja tidak hanya terjadi di lingkungan sosial masyarakat, namun juga
bisa terjadi di lingkungan sekolah. Bentuk kenakalan remaja yang terjadi di lingkungan
sekolah yang sering kita temui adalah perilaku membolos. Secara garis besar, perilaku
membolos adalah perilaku yang menyimpang dari aturan sekolah serta moral siswa.
Antecedent ialah sesuatu yang datangnya lebih dahulu sebelum terjadi perilaku atau
Behavior. Antecedent dapat dikatakan sebagai pemicu suatu perilaku atau dapat dikatakan
mengapa orang berperilaku seperti itu. Consequence ialah sesuatu yang mengikuti
perilaku atau dengan kata lain akibat dari perilaku yang dilakukan. Berdasarkan hal
tersebut, maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, gambaran perilaku membolos pada Siswadi MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis
Pamekasan. Kedua, Antecedent, Behavior dan Consequence perilaku membolos pada
Siswadi MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, dan ketiga upaya guru BK dalam
mencegah terjadinya bolos di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif analisis.
Sumber data dalam penelitian ini adalah manusia dan non manusia. pengumpulan data
menggunakan metode observasi, intreview dan dokumenasi. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,
Gambaran perilaku membolos pada siswa di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
yaitu terdapat beberapa macam, misalnya siswa yang tidur di asrama dan siswa yang
berangkat dari rumah tapi tidak sampai ke sekolah serta siswa nonsantri yang membolos
dengan cara menumpang tidur di asrama pondokj. Kedua, pemicu (antecedent)yang
menyebabkan perilaku membolos diantaranya karena siswa yang tidak suka terhadap mata
pelajaran atau kepada guru yang mengampu mata pelajaran tertentu. Perilaku (behavior)
membolos yang terjadi di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan yaitu tidur di
asrama dan pergi meninggalkan sekolah tanpa keterangan. Sedangkan faktor pendukung
(consequence) yaitu faktor pribadi dan pengaruh teman. Ketiga, upaya guru BK dalam
mencegah terjadinya perilaku membolos di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
yaitu dengan memberi teguran, arahan dan kunjungan keluarga (home visit) serta pemberian
sanksi.
Tidak tersedia versi lain