Text
Motivasibelajarsiswa yang berasaldarikeluarga broken home di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
Kata kunci : Keluarga, Broken Home, Motivasi belajar siswa
Latar belakang penelitian ini adalah pendeskripsian tentangMotivasibelajarsiswa yang
berasaldarikeluarga broken home di MTs Miftahul Qulub. Dalam hal ini bertujuan agar
siswa tersebut tidak masuk dalam permasalahan keluarga broken home. Maka dari itu perlu
adanya sentuhan atau respons dari beberapa tenaga pendidik seperti guru mata pelajaran
maupun guru BK untuk dapat menimalisir terjadinya broken home pada siswa.
Berdasarkan penyataan di atas maka ada tiga pokok pembahasan yang menjadi suatu
sumber dari permasalahan ini, yaitu yang pertama bagaimana gambarankeluarga broken
home terhadapmotivasibelajarsiswa?, kedua bagaimana gambaranmotivasisiswa yang
keluarganyamengalami broken home di sekolah?, ketigabagaimana guru BK
menanganisiswa yang mengalami broken home untukmeningkatkanmotivasibelajarsiswa?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dikarenakan
data yang di ambil menggunakan kata-kata bukan berupa angka. Sedang lokasi penelitian di
Miftahul qulub polagan galis pamekasan. sumbber data yang di dapat melalui wawancara,
dan documentasi. Informanya kepala sekolah, guru bk, dan siswa.
Hasil penelitian ini yang pertama yaitu menunjukan bahwa sebagaian dari siswa
Mifatahul Qulub menunjukkanperilaku yang menyimpangsepertitidur di kelas, kurangaktif di
dalamkelasdanjugaseringtidakmasuksekolah. Kedua mendapatkanperhatianlebihdari guru
BK, terutamawalikelasbahwasiswatersebutmasihmempunyaimasadepan yang sayangjikatidak
di siasiakan. Ketigapada siswa yang mengalami permasalahan broken home memiliki ciri
karakter yang berbeda dan sifat yang berbeda dari siswa yang lain, seperti yang sering di
sampaikan guru maple ke guru bk adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses
pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain