Text
Penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah Desa Kaduara Barat
Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Kitab Washoya
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menarik yang peneliti
temukan di SMK Mabdaul Falah dalam kegiatan pembelajaran yakni penerapan
pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran kitab washoya sebelum KBM
dimulai. Sehingga menjadikan karakter siswa menjadi lebih baik dalam berbudi
pekerti pada setiap tingkah lakunya.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengangkat tiga fokus penelitan, yaitu:
Pertama, Bagaimana penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian
kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah; Kedua,
Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter siswa
melalui pengajian kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK
Mabdaul Falah; Ketiga, Bagaimana solusi mengatasi faktor penghambat
penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum
kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah. Adapun tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter siswa
melalui pembelajaran kitab washoya sebelum KBM dimulai, berikut faktor
pendukung, penghambat, dan solusi mengatasi hambatannya.
Peneliti dalam melakukan Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualiatatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Mabdaul Falah Desa Kaduara Barat
Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Sumber data yang diperoleh oleh
Peneliti berupa wawancara kepada pihak yang bersangkutan, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan pendidikan karakter
siswa melaui pembelajaran kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di
SMK Mabdaul Falah adalah kegiatan rutin setiap pagi yang telah terlaksana sejak
dulu sampai saat ini dengan diawali pembacaan surah munjiat bersama. Kedua,
faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter melalui
pembelajaran kitab washoya di SMK Mabdaul Falah didukung dengan
keterbiasaan siswa yang telah mengikuti kegiatan tersebut sejak lama, dan tentu
saja didukung dengan guru pengajar yang kompeten dibidangnya sehingga
pendidikan karakter di SMK Mabdaul falah dapat berjalan dengan baik. Selain itu
pasti ada faktor yang menjadi penghambat berjalannya kegiatan itu, diantaranya
adalah ketidak disiplinan siswa yang datang terlambat dalam mengikuti
pembelajaran kitab washoya setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar
dimulai. Ketiga, solusi untuk mengatasi faktor penghambat yang terjadi pada
Penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum
kegiatan belajar mengajar dimulai di SMK Mabdaul Falah adalah berupa sanksi
langsung yang diberikan guru kepada siswa yang datang terlambat, bahkan ketika
sisw tersebut tetap melanggar maka tindakan selanjutnya sekolah akan
mengundang orang tua siswa kesekolah untuk menindaklanjuti masalah tersebut
Tidak tersedia versi lain