Text
Pengembangan Kurikulum Dalam Menciptakan EfektivitasBelajarEraCovid-19DiMan1Pamekasan
KataKunci:pengembangankurikulum,menciptakanefektivitasbelajarera
covid-19.
Pengembangan kurikulum merupakan penyusunan program
kurikulum mulaidaridasar-dasarkurikulum sampaidenganpedoman
kurikulum.Halinimemangsudahdirencanakanbaikolehpemerintah
pusata ataupun masing-masing lembaga untuk menghadapiproses
pembelajaran. Pada dasarnya pengembangan kurikulum ini untuk
mengembangkankomponen-komponenyangmembentukkurikulum itu
sendiriyang terdiridaritujuan,isikurikulum,metode atau strategi
penapaiantujuan,dankomponenevaluasi.
Berdasarkanpenjelasandiatasmunculbeberapafokuspenelitian
sebagaiberikut:pertama,Pengembangankurikulum dalam menciptakan
efektivitas belajarera covid-19.Kedua,penerapan kurikulum dalam
menciptakanpembelajaranyangefektiferacovid-19.Ketiga,Apasaja
dampak yang menjadi faktor pendukung dalam menciptakan
pembelajaranyangefektiferacovid-19.
Dalam penelitianinipendekatanyangdilakukanolehpenelitiyaitu
pendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Sumberdatayang
diperolehdariKepalaMadrasah,WakaKurikulumdanGuru.
Hasilpenelitian menunjukkan bahwa:pertama,pengembangan
kurikulum dalam menciptakanefektivitasbelajareracovid-19dilakukan
dengancaramengikutiperaturanyangsudahditetapkanolehpemerintah
terkaitdenganbagaimanamekanismepembelajaranyangakandilakuakn
dimasapandemisepertisaatini.Kedua,penerapankurikulum dalam
menciptakanpembelajaranyangefektiferacovid-19dilakukandengan
caramengikutiperaturanyangsudahditetapkanolehpemerintahdanjuga
menyesuaikandengankondisikeadaandisekitar.Ketiga,apasajadampak
yangmenjadifaktorpendukungdalam menciptakanpembelajaranyang
efektiferacovid-19faktorpendukungnyayaitukelengkapandarisarana
danjugaprasaranayangdimilikiolehsekolah,makadengandemikianhal
iniakanmenjadidampakyangpositifbagikeberlangsunganpendidikan
karenasudahmemenuhisyarat
Tidak tersedia versi lain