Text
Pengaruh Pengetahuan dan Kelompok Acuan Terhadap Minat Menggunakan Produk di BMT Mawaddah Kecamatan Palengaan (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen)
Kata Kunci: Pengetahuan, Kelompok Acuan, Minat
Pondok pesanten dikenal sebagai lembaga pendidikan non formal yang
berbasis Islam yang sangat kuat. Dimana kegiatan sehari-harinya adalah
mengajarkan ajaran islam kepada para santri yang sedang mondok di pondok
pesantren oleh seorang ulama atau lebih dikenal dengan bapak kyai. Jika
melihat status santri yang banyak mempelajari ilmu agama, fiqih dan bermuamalah
dengan sesuai aturan-aturan dalam islam, maka semakin besar peluang bagi
lembaga keuangan syariah untuk mempromosikan beberapa produknya kepada para
santri. Dengan adanya perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia,
bagaimanakah pandangan santri Miftahul Ulum Panyeppen terhadap adanya BMT
Mawaddah. Adapun alasan mengambil objek pesantren Miftahul Ulum
Panyeppen dikarenakan pesantren dianggap memahami masalah hukum Islam
dan mengetahui masalah lembaga keuangan syariah, tetapi di antara mereka ada
yang menggunakan produk di BMT Mawaddah dan masih banyak dari mereka
yang belum mejadi anggota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah
Pengetahuan dan Kelompok Acuan berpengaruh terhadap Minat Santri Pondok
Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Menggunakan produk di BMT Mawaddah
Panyeppen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 800
santri dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang
menghasilkan sampel sebanyak 267 santri sebagai responden dalam penelitian ini.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan
aplikasi SPSS versi 23.
Berdasarkan hasil uji t (parsial) variabel Pengetahuan (X1) diperoleh thitung
5,518 > ttabel 1,651 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 variabel pengetahuan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Santri Menggunakan Produk di
BMT Mawaddah Panyeppen. Variabel Kelompok Acuan (X2) diperoleh thitung
15,863 > ttabel 1,651 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 variabel Kelompok Acuan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Santri Menggunakan Produk di
BMT Mawaddah Panyeppen. Variabel Pengetahuan dan Kelompok Acuan secara
bersama-sama berpengaruh terhadap Minat Menggunakan santri Miftahul Ulum
Panyeppen dengan hasil pengujian simultan (uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar
405,999 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 dan nilai Ftabel sebesar 3,03. Maka
nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel dengan tingkat probabilitas 0,000 yang berada
dibawah α = 0,05. Sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 76,5%. Hal ini
menunjukkan sebesar 76,5% minat santri menggunakan produk di BMT Mawaddah
dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen Pengetahuan dan Kelompok
Acuan. Sedangkan sisanya 23,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang
tidak diteliti dalam penelitian ini
Tidak tersedia versi lain