Text
pelaksanaan bimbingan pribadi sosial dengan tehnik assertif untuk meningkatkan self esteem siswa di smp plus nurul hikmah pamekasan
Kata Kunci: bimbingan pribadi sosial dengan tehnik assertif untuk meningkatkan
self esteem siswa
Penelitian ini dilatar bekangi, Kondisi siswa di sekolah SMP Plus Nurul
Hikmah sangat bervariatif mulai dari sikap, akhlak, ibadah serta penghargaan diri
yang mereka miliki yang berakibat pada kurang percaya diri dan rasa kurang
optimis dalam menggapai cita-cita yang mereka inginkan.
Guru BK tidak Menerapkan Bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan
self esteem tetapi hanya menerapakan bimbingan biasa seperti bimbingan
kelompok dan bimbingan klasikan bimbingan indivu, akan tetapi guru BK SMP
plus nurul hikmah pamekasan mempersilahkan apabila ingin meneliti ataupun
memberikan program yang baru dan nantinya bisa di lanjutkan maupun di bisa di
gunakan di lembaga tersebut.
Penelitian ini tentu saja fokus pada pembahasan tentang perubahan perilaku
siswa dengan menggunakan bimbingan pribadi sosial dengan tekhnik
pengendalian asertif. Pertama Bagaimana hubungan pribadi sosial siswa di SMP
Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Kedua Bagaimana pelaksanaan bimbingan
pribadi sosial dengan tekhnik aseritf untuk meningkatkan self esteem siswa di
SMP PlusNurul Hikmah Pamekasan ketiga bagaimana bentuk peningkatan self
esteem siswa di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan
Penelitian ini juga mengkaji bagaimana peningkatan Self esteem siswa di
SMP Plus Nurul Hikmah dengan cara mewawancari guru BK guru mata pelajaran
dan kepala sekolah, dalam meningkatkan Self Esteem guru Bk menggunakana
bimbingan individu dan konseling kelompok.
Berdasarkan hasil data yang didapat oleh peneliti saat melakukan penelitian
di SMP Plus Nurul Hikamh Pamekasan, melalui beberapa metode pengumpulan
data baik wawancara, observasi dan dokumentasi, peneliti menarik kesimpulan
sebagai berikut. Pertama hubungan pribadi sosial dan self esteem siswa hubungan
siswa dengan siswa lainnya jika self esteemnya rendah maka disitu siswa sering
terkena buliying oleh temannya sendiri. kedua pelaksanaan bimbingan pribadi
sosial dengan tekhnik aseritf untuk meningkatkan self esteem siswa cukup baik
dalam memberikan bantuan layanan kepada siswa yang bermasalah. Ketiga
Berikan perhatian secara pribadi di saat remaja membutuhkan. Mendengarkan
perkataan mereka dengan saksama, tetap menatapnya dan memperlihatkan bahwa
perasaannya dipahami. Dengarkan tanpa memberikan penilaian dan tidak perlu
mengomentarinya
Tidak tersedia versi lain