Text
Hubungan Kreativitas Guru dengan Kejenuhan Belajar Siswa SMPN 8 Pamekasan Pada Masa Pandemi
KataKunci:KreativitasGuru,KejenuhanBelajar.
Kreativitasdalammengajarmerupakankewajibanseorangpendidik
agarmenghindarisuatukejenuhanbelajarbagimurid.kreativitasguru
adalahsuatukemampuanseoranggurudalammenciptakanide-ide,karya,
ataugagasanbaruuntukditerapkandisetiaptugasnyadalam mengajar,
membimbingdanmelatihpesertadidiknya.Sedangkan,kejenuhanbelajar
siswaadalahkondisimentaldimanaseorangsiswa mengalamirasa
bosanyangamatsangatsehinggaterjadipenurunanminatindividuuntuk
memenuhitugas,sehinggamengangguaktivitasbelajarnya.
Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdengan
jenis penelitian korelasional.Populasiyang digunakan sebanyak103
siswa.Metodepenelitiankuantitatifmerupakansalahsatujenispenelitian
yangspesifikasinyaadalahsistematis,terencanadanterstrukturdengan
jelassejakawalhinggapembuatandesainpeneltiannya.Penelitianini
bersifatpenelitian survei,yaitu penelitian yang dalam pengumpulan
informasimenggunakam kuesioner,interviu,angketatau skalauntuk
menggambarkankarakteristikdarisuatupopulasi.Penelitiankuantitatifini
berjenispenelitiankoresionalyangmerupakansuatutipepenelitianyang
melihatsuatu hubungan antara satu atau beberapa variabeldengan
beberapavariabellainnya.
Dalam halini,telahdiujidenganmenggunakanujinormalitas,uji
linier,ujihomogen,danujikorelasi.Hasilanalisisdatayangdiperolehdari
lapangandiketahuibahwanilaisig.(2-tailed)padakeduavariabelsebesar
0,000yangberartip
Tidak tersedia versi lain