Text
Upaya Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini melalui Media Barang Bekas di PAUD Fatimah Aisyah Desa Tanjung Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Kreativitas, Anak Usia Dini, Media Barang Bekas
Fenomena yang terjadi di PAUD Fatimah Aisyah Desa Tanjung Kabupaten Sampang
pada saat kegiatan proses pembelajaran anak usia dini menggunakan media pembelajaran
barang bekas dengan memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar lingkungannya dengan
menggunakan media barang bekas tersebut anak usia dini bebas dalam mengekspresikan
barang bekas tersebut untuk dijadikan sebuah karya yang unik.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana cara menstimulasi kreativitas anak usia dini melalui media barang bekas di
PAUD Fatimah Aisyah Tanjung Kabupaten Sampang. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam menstimulasi kreativitas anak usia dini melalui media barang bekas di
PAUD Fatimah Aisyah Tanjung Kabupaten Sampang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Data yang
diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, menstimulasi kreativitas anak usia dini melalui
media barang bekas di PAUD Fatimah Aisyah Tanjung Kabupaten Sampang telah
menunjukkan hasil yang baik. Didalam penggunaan media barang bekas tersebut dapat
memberikan dampak yang baik terhadap anak dalam mengembangkan kreativitasnya seperti
anak bisa membuat kalung dari sedotan sehingga dapat melatih imajinasi anak dalam
menciptakan atau merangkai bentuk kalung, seperti bentuk ataupun warna kalungnya. Kedua,
faktor pendukung dan penghambat dalam menstimulasi kreativitas anak usia dini melalui
media barang bekas di PAUD Fatimah Aisyah Tanjung Kabupaten Sampang, dapat
menegemukakan bahwa faktor pendukungnya adalah sarana yang mendukung yang berupa
media pembelajaran dan peran guru serta orangtua yang baik. Adapun faktor penghambat
adalah kemampuan, minat serta kondisi anak dan cara mendidik orang tua terhadap anak
yang buruk
Tidak tersedia versi lain