Text
Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Api Alam Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Anak Tungrahita.
Al-Qur’an adalah salah satu materi pelajaran yang harus diajarkan di
sekolah. Dalam pembelajaran Al-Qur’an siswa dididik agar mampu membaca,
memahami, dan mengamalkannya sehingga Al-Qur’an menjadi pedoman bagai
kehidupannya. SLB Api Alam merupakan lembaga pendidikan yang
melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an pada anak tunagrahita.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur’an pada anak Tunagrahita di SLB Api Alam Tlanakan
Pamekasan. Apa saja kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak
Tunagrahita di SLB Api Alam Tlanakan Pamekasan. Dan apa saja solusi yang
dilakukan dalam mengatasi kendala pembelajaran Al-Qur’an pada anak
Tunagrahita di SLB Api Alam Tlanakan Pamekasan.
Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelitian dengan pendekatan
kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dipilih di SLB Api Alam Desa
Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Pengumpulan data
diperoleh dari sumber kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru dengan
menggunakan metode observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur dan
metode dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data dilakukan
selama dan sesudah penelitian berlangsung dengan menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan penggunaan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an pada anak
tunagrahita di SLB Api Alam dilaksanakan pada hari senin sampai kamis dimulia
dari jam 09:30 wib. Kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak
tunagrahita di SLB Api Alam adalah kualifikasi akademik guru yang masih
kurang dan juga kurangnya perhatian orang tua terhadap perkambangan
pendidikan peserta didik, sarana dan prasarana yang masih kurang dalam
menunjang kegiatan pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi
kendala-kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak tunagrahita yaitu
dengan mengadakan pertemuan dengan wali murid dan rapat bulanan di sekolah
Tidak tersedia versi lain