Text
Peningkatan Mutu Layanan Kemahasiswaan melalui Media Sosial di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Bangkalan
Kata Kunci: peningkatan mutu, layanan kemahasiswaan, media sosial.
Media sosial sebagai salah satu fenomena sosial telah merambah berbagai
aspek kehidupan, salah satu aspek kehidupan sosial yang tidak luput dari
pengaruh merebaknya media sosial yaitu aspek pendidikan. Media sosial telah
banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran,
namun tidak banyak penelitian tentang penggunaan media sosial di bidang
pengelolaan pendidikan. Padahal media sosial sangat besar manfaatnya jika
dimanfaatkan di bidang pengelolaan. Kenyataan inilah yang kemudian menjadi
alasan untuk mengkaji manfaat media sosial bagi pengelolaan pendidikan tinggi
khususnya pada bagian layanan kemahasiswaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui beberapa fokus
penting, yaitu 1) Jenis-jenis media sosial apa saja yang digunakan sebagai
peningkatan mutu layanan kemahasiswaan di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan, 2)
Implementasi peningkatan mutu layanan kemahasiswaan melaui media sosial di
STAI Al-Hamidiyah Bangkalan, dan 3) Hasil peningkatan mutu layanan
kemahasiswaan melalui media sosial di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan. Untuk
menjawab permasalahan tersebut, dilakukan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus, penelitian dilakukan di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan.
Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data dilakukan selama
dan setelah melakukan penelitian dengan menggunakan analisis data kualitatif
yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman.
Penelitian ini menemukan bahwa media sosial yang digunakan dalam
peningkatan mutu layanan kemahasiswaan di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
yaitu facebook dengan memaksimalkan penggunaan fanpage STAMIDIYA,
whatsapp berupa penggunaan chatting pribadi dan whatsapp group, website, serta
blog dan youtube yang digunakan untuk memaksimalkan pelaksanaan program
Kuliah Kerja Nyata (KKN). Implementasi peningkatan mutu layanan
kemahasiswaan melalui media sosial di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
dilaksanakan dengan membuat akun-akun di media sosial oleh ketua kemudian
akun-akun tersebut dikelola oleh ketua bersama orang lain dari pihak pengelola.
Pada beberapa akun, ketua dan pengelola menjadi admin sekaligus pengendali
akun tersebut, tetapi pada akun-akun lain sekedar menjadi anggota dan memantau
saja di beberapa akun yang berupa grup. Media sosial berupa website sepenuhnya
dikelola oleh pengelola akan tetapi tetap memungkinkan mahasiswa mengakses
dengan luas. Akun media sosial berupa blog dan youtube diintruksikan oleh
pengelola (panitia KKN) untuk digunakan dalam kegiatan KKN dan selanjutnya
dikelola sepenuhnya oleh mahasiswa pelaksana KKN. Penggunaan media sosial xii
dalam peningkatan mutu layanan kemahasiswaan memberikan hasil berupa
kemudahan, kecepatan layanan, dan biaya yang kecil dalam pelaksanaan layanan
tersebut baik bagi mahasiswa, dosen, dan pengelola
Tidak tersedia versi lain