Text
Kemampuan Literasi Digital Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MTs. Nurur Rahmah dan MTs. Nurul Jadid Pragaan
Kata kunci: literasi, digital, guru pendidikan agama islam.
Penerapan literasi digital didalam proses pembelajaran merupakan
pemanfaatan teknologi dan internet yang berkembang pesat saat ini, dimana
seorang guru merupakan orang yang menyampaikan informasi atau materi kepada
para peserta didik. Informasi atau materi yang disampaikanpun kepada peserta
didik tidak hanya dalam format tercetak seperti buku pelajaran. Internet mulai
menyajikan informasi ataupun materi dalam format yang berbeda, yaitu digital.
Informasi atau materi tersebut disajikan melalui berbagai fasilitas yang disediakan
internet seperti, web, weblog, mailing list.
Dengan penerapan literasi digital dalam proses pembelajaran dapat
memudahkan seorang guru untuk memberikan informasi atau materi tambahan
kepada peserta didik, dengan adanya perkembangan internet dan teknologi digital
dimana informasi ataupun materi tambahan yang diperlukan seorang guru dapat
dengan mudah didapatkan, sehingga dengan penerapan literasi digtal dalam
pembelajaran dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta
didik. Penulis menitik beratkan fokus permasalahan pada; satu Bagaimana
kemampuan literasi digital guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam, dua
Apa faktor yang menjadi kendala terhadap kemampuan literasi digital guru dalam
pembelajaran pendidikan agama islam, tiga Bagaimana pengembangan
pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan kemampuan literasi digital
bagi guru. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan (field research)
dengan sifatnya deskriptif dan pendekatan kualitatif yaitu suatu bentuk penelitian
yang tidak menghasilkan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi,
melainkan penelitian yang dianalisa melalui ilustrasi, kata-kata naratif dan
interpretatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum : kemampuan literasi
digital guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam di MTs. Nurur Rahmah
dan MTs. Nurul Jadid Pragaan sudah mampu menerapkan literasi digital karena
sebagian dari mereka sudah bisa memenuhi indikator literasi digital dalam proses
pembelajaran, hanya saja kemampuan mereka tidak begitu maksimal baik
kemampuan menggunakan teknologi digital, mendesain media teknologi digital
dan mengembangkan media teknologi digital dalam pembelajaran, walaupun
sudah ada upaya untuk mengembangkan kemampuan literasi digital tetapi
terdapat beberapa hal yang menjadi kendala dalam proses tersebut seperti
minimnya fasilitas media teknologi digital yang akan digunakannya, sehingga
capaian yang dihasilkan dari penggunaan teknologi digital untuk mengembangkan
kemampuan literasi dgital guru pendidikan agama islam tidak begitu maksimal.
Tidak tersedia versi lain