Text
Implementasi Kurikulum Berbasis Al-Qur’an Berwawasan Kepesantrenan Pada SMA Tahfidz Darul Ulum Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan
Kata Kunci : Kurikulum Berbasis al-Qur’an Berwawasan Kepesantrenan,
SMA Tahfidz Darul Ulum.
SMA Tahfidz Darul Ulum Pondok Pesantren Banyunayar Pamekasan yang
selanjutnya disingkat “SMAT DUBA“ telah melakukan pengembangan
Kurikulum Berbasis al-Qur’an Berwawasan Kepesantrenan ditingkat satuan
pendidikan tingkat menengah atas dengan status sekolah standart nasional (SSN)
dari 73 (tujuh puluh tiga) SMA Swasta dan 9 (sembilan) SMA Negeri yang
tersebar di wilayah administratif Kabupaten Pamekasan. Pengembangan
Kurikulum Berbasis al-Qur’an Berwawasan Kepesantrenan disatuan pendidikan
SMAT DUBA meliputi 5 (lima) bidikan pengembangan Pertama, perumusan dan
penyusunan visi misi satuan pendidikan; Kedua, penyusunan perangkat
pembelajaran; Ketiga, kegiatan belajar mengajar (KBM); Keempat, program
pengembangan diri; dan Kelima, pembiasaan dalam program pendidikan. Kelima
bidikan dalam pengembangan kurikulum sebagai dimaksud pada muaranya
diharapkan melahirkan peserta didik yang cerdik pandai, kompetebel, dan kuat
keagamaannya serta kompetitif, di tingkat regional, nasional, dan bahkan
internasional dengan Berpandangan kepesantrenan Berasaskan pada nilai-nilai AlQur’an.
Paparan tersebut menarik penulis untuk melakukan penelitian dengan tujuan:
untuk mendeskripsikan Standar Isi Kurikulum Berbasis al-Qur’an Berwawasan
Kepesantrenan, mendeskripsikan Implementasi pembelajaran dan untuk
mendeskripsikan Tingkat Keberhasilan Implementasi Berbasis al-Qur’an
Berwawasan Kepesantrenan SMAT DUBA Pamekasan. Dari tujuan penelitian
tersebut penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi
lapangan (field research) dengan paradigm fenomenologis dan analisi data melalui
tahapan kondensi data, penyajian data dan verifikasi data.
Dari penggalian data di lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa
Implementasi Kurikulum Berbasisi al-Qur’an Berwawasan Kepesantrenan pada
lembaga SMAT DUBA Pamekasan terdiri dari: Standar isi kurikulum yang
meliputi: Nilai-nilai Qur’ani sebagai acuan dan pedoman dasar, Al-Qur’an
Tidak tersedia versi lain