Text
Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nashaih al- ’Ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia
Kata Kunci : Nashaih al-’Ibad, pendidikan akhlak, pendidikan karakter.
Dilatar belakangi dengan merosotnya pendidikan akhlak pada remaja
atau peserta didik di lingkungan pendidikan dan masyarakat memunculkan
berbagai permasalahan kepada yang bersangkutan diantaranya hingga
menyebabkan dekadensi moral. Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan
akhlak yang diharapkan mampu memberikan dampak positif dan solutif bagi
pendidikan di Indonesia. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan dikaji
relevansinya dengan pendidikan karakter sebagai identitas bangsa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak
pada kitab Nashaih al-’Ibad karya Syaikh Nawawi Al-Bantani. Pertanyaan yang
ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : (1) Apa sajakah nilai-nilai pendidikan
akhlak dalam kitab Nashaih al-’Ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani? (2)
Bagaimana kesesuaian nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Nashaih al-
’Ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani dengan Pendidikan Karakter di
Indonesia?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kepustakaan (library research). Sumber data primernya adalah kitab Nashaih al-
’Ibad, sedangkan sumber data sekundernya diambil dari berbagai buku, jurnal,
tesis, artikel dan lain macam sebagainya yang bersangkutan dan relevan dengan
penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analitis
dan content analysis.
Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa kitab Nashaih al-’Ibad
masih relevan samapai saat ini dengan pendidikan karakter di Indonesia. Nilainilai pendidikan akhlak yang terkandung didalamnya antara lain : 1. beriman
kepada Allah SWT., 2. Takwa, 3. zikrullah, 4. taat kepada Allah, 5. sabar, 6.
tawadhu’ (rendah hati), 7. menuntut ilmu, 8. zuhud (sederhana), 9. menjaga lisan,
10. tidak merendahkan orang lain, 11. membuat manfaat pada orang lain, 12.
bersikap lemah lembut pada orang lain, dan 13. saling memaafkan antar sesama.
Nilai-nilai pendidkan akhlak tersebut akan sangat membantu didalam
mewujudkan tujuan pendidikan karakter di Indonesia.
Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian ini bisa memperkaya
khazanah keilmuan dan menjadi terobosan ilmiah yang konstruktif bagi segenap
praktisi pendidikan dalam rangka menciptakan satu pola pendidikan yang
mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak dan karakter untuk menjawab
tantangan dan perkembangan zaman serta menjadi solusi bagi lembaga
pendidikan yang mengalami kemerosotan dalam bidang akhlak dan moral.
Tidak tersedia versi lain