Text
Pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal di MAN 1 Pamekasan dan MA. Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan
Kata Kunci: pembelajaran, kecerdasan interpersonal, intrapersonal
Dalam penelitian ini, ada tiga fokus penelitian yang akan dikaji, yaitu:
pertama, bagaimana metode guru akidah akhlak dalam melaksanakan
pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal dan intrapersonal di MAN 1
Pamekasan dan MA. Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan. Kedua,
bagaimana penilaian yang dilakukan guru akidah akhlak dalam pembelajaran
berbasis kecerdasan interpersonal dan intrapersonal di MAN 1 Pamekasan dan
MA. Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan. Ketiga, bagaimana implikasi
pembelajaran akidah akhlak terhadap motivasi belajar siswa yang berbasis pada
kecerdasan interpersonal dan intrapersonal di MAN 1 Pamekasan dan MA.
Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi di lokasi MAN 1
Pamekasan dan MA. Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur, observasi
berperan serta, dan dokumentasi dengan informan guru akidah akhlak, kepala
madrasah, dan beberapa siswa. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan kredibilitas (perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan,
triangulasi), transferabilitas (uraian rinci), dan konfirmabilitas (auditing).
Hasil dari penelitian yaitu sebagai berikut. Pertama, metode guru akidah
akhlak dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal di
MAN 1 Pamekasan dan MA. Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan,
meliputi: metode tanya jawab, tutor sebaya (peer teaching), kerja kelompok, dan
diskusi. Sedangkan pada kecerdasan interpersonal, guru menggunakan metode
yang meliputi: metode resitasi/penugasan, metode uswah (keteladanan), dan
metode pembiasaan. Kedua, penilaian yang dilakukan guru akhlak dalam
pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal di MAN 1 Pamekasan dan MA.
Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan, yaitu yaitu penilaian autentik pada
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada kecerdasan interpersonal,
penilaian aspek kognitif menggunakan tes lisan berupa tanya jawab dan
penugasan kelompok, aspek afektif menggunakan penilaian observasi dan
penilaian antarteman, aspek psikomotorik menggunakan penilaian kinerja dan
portofolio kelompok. Sedangkan pada kecerdasan intrapersonal, penilaian aspek
kognitif menggunakan tugas individu, spek afektif menggunakan penilaian
observasi dan penilaian diri, aspek psikomotorik menggunakan penilaian kinerja
dan portofolio individu. Ketiga, implikasi pembelajaran akidah akhlak terhadap
motivasi belajar siswa yang berbasis pada kecerdasan interpersonal di MAN 1
Pamekasan dan MA. Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan, yaitu: siswaviii
dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan teman kelompok untuk bertukar
pikiran dalam berdiskusi maupun kerja kelompok, siswa dapat menghargai guru
dan menghargai perbedaan pendapat atau jawaban teman-temannya, dan siswa
dapat berbagi pengetahuan dan pengalamannya dengan siswa yang lainnya.
Sedangkan pada kecerdasan intrapersonal, yaitu: siswa dapat mengetahui tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari, siswa dapat menunjang kemampuan dirinya
dalam memahami pelajaran dengan menyelesaikan tugas individu dan mencatat
pokok-pokok materi, serta siswa dapat merefleksi diri dengan menghubungkan
hasil belajar akidah akhlak pada kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain