Text
Paradigma Konstruktivisme Sosial dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Zaid Sulaiman Al-Udwan dalam Kitab alNadhoriyah al-Binâiyah al-Ijtimâiyah wa Tathbiqâtihâ fî alTadrîs)
Kata Kunci : Konstruktivisme Sosial, Zaid Sulaiman Al-Udwan.
Teori konstruktivisme sosial diturunkan dari konstruktivisme karena
menekankan peran orang lain dalam membangun pengetahuan bagi individu dan
menekankan upaya dalam pertumbuhan individu dan sosial.Teori ini menekankan
terjadinya pertukaran yang bermanfaat antara individu satu sama lain. Penulis
tertarik melakukan penelitian tentang konstruktivisme sosial dengan judul
penelitian “Paradigma konstruktivisme sosial dalam pendidikan Islam (telaah
pemikiran Zaid Sulaiman Al-Udwan dalam kitab al-Naẓariyah al-Bināiyah alIjtimāiyah wa Tathbiqātihā fǐ al-Tadrǐs).
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konsep dasar
konstruktivisme sosial, bagaimanakah prinsip-prinsip teori konstruktivisme sosial
dan bagaimanakah peran pendidik dalam pembelajaran konstruktivistik pemikiran
Zaid Sulaiman Al-‘Udwan dalam Kitab al-Nadhoriyah al-Binâiyah al-Ijtimâiyah
wa Tathbiqâtihâ fî al-Tadrîs. Dari fokus tersebut peneliti menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi pustaka dan analisi data
menggunakan analisis isi.
Penelitian ini menyimpulkan konsep dasar konstruktivisme sosial dalam kitab
al-Nadhoriyah al-Binâiyah al-Ijtimâiyah wa Tathbiqâtihâ fî al-Tadrîs, Zaid
Sulaiman al-‘Udwân bersandar pada teori konstruktivisme sosial Vygotsky, yaitu
suatu proses di mana pengetahuan internal peserta didik dimodifikasi sebagai
respons dari interaksi sosial dan pribadi, karena pembelajaran dipengaruhi oleh
orang lain dan interaksi sosial memainkan peran penting dalam memulihkan
struktur kognitif berdasarkan pengalaman.
prinsip-prinsip teori konstruktivisme sosial dalam kitab al-Nadhoriyah alBinâiyah al-Ijtimâiyah wa Tathbiqâtihâ fî al-Tadrîs adalah pembelajaran
mengandalkan metode individu dan kelompok, Fokus membangun konsep dan
makna melalui proses sosial, pembelajaran didasarkan pada metode organisasi
yang memungkinkan siswa memiliki kesadaran akan lingkungan, proses negosiasi
merupakan dasar untuk melakukan generalisasi, berprinsip konstruktivisme sosial.
Peran pendidik dalam pembelajaran konstruktivistik pemikiran Zaid Sulaiman
Al-‘Udwan dalam Kitab al-Nadhoriyah al-Binâiyah al-Ijtimâiyah wa
Tathbiqâtihâ fî al-Tadrîs adalah Mendorong kemandirian dan menerima inisiatif
peserta didik serta memotivasi peserta didik agar aktif dalam melakukan diskusi
dengan pendidik dan antar peserta didik
Tidak tersedia versi lain