Text
Penanaman Nilai Karakter Religius dan Peduli Sosial Melaui Kegiatan Infak Amal Selasa di MTsN 3 Pameksan
Kata Kunci : Penanaman, Religius, Peduli Sosial, Kegiatan Infak Amal Selasa
Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat tiga pokok kajian. Pertama,
Bagaimana Strategi penanaman nilai karakter religius dan peduli sosial siswa melalui
kegiatan infak amal selasa di MTsN 3 Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam upaya penanaman nilai karakter religius dan
peduli sosial kepada siswa melalui kegiatan infak amal Selasa di MTsN 3 Pamekasan.
Ketiga, Bagaimana gambaran keberhasilan penanaman nilai karakter religiusitas dan
peduli sosial siswa melalui kegiatan infak amal selasa di MTsN 3 Pamekasan.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui
wawancara tidak terstruktur, observasi langsung non-partisipan dan
dokumentasi.Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, pembina
OSIM, waka kesiswaan, dan peserta didik. Adapun pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui kredibilitas (ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan perpanjangan
pengamatan), transferbilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi penanaman nilai karakter
religius dan peduli sosial siswa melalui kegiatan infak amal Selasa di Mtsn 3
Pamekasan, yaitu memberikan pemahaman kepada siswa bahwa berinfak tidak harus
pada hari jum’at, pendekatan terlebih dahulu sebelum amal selasa diminta kepada
siswa, pembiasaan beramal atau bershadaqah, keteladanan dari guru, dan diatur
dengan regulasi atau aturan.
2) Faktor pendukungnya, yaitu kepedulian para guru untuk memberikan
contoh/ keteladanan, keberadaan anak-anak yang cukup mampu untuk juga
memberikan contoh kepada anak, motivasi dari anggota OSIM tentang amal Selasa,
Anggota OSIM yang siap kerja, sinergitas. Faktor penghambatnya, yaitu ada beberapa
anak yang mencemooh kegiatan amal Selasa, kurangnya kesadaran dari siswa itu
sendiri tentang amal selasa bahwa itu merupakan amal jariyah, dan ekonomi siswa
yang berbeda-beda.
3) Gambaran keberhasilan penanaman nilai karakter religiusitas dan peduli
sosial siswa melalui kegiatan infak amal Selasa di MTsN 3 Pamekasan, yaitu adanya
perubahan dari siswa, meliputi: a) anak peduli terhadap amal selasa, terbukti dengan
keikutsertaan anak-anak memberikan amal selasa, b) ketika ada temannya yang
kebetulan di bawah kemampuan, dibantu oleh temannya yang mampu, c) Jika ada
guru, siswa membungkuk. Itu merupakan adab terhadap orang yang lebih tua, d) Jika
ada kegiatan di madrasah, misalnya kerja bakti, anak-anak mayoritas datang dan
bekerja, walaupun memang ada sebagian anak yang nakal
Tidak tersedia versi lain