Text
Pendidikan Karakter Religius (Studi Komparasi Pemikiran Syaikh Muḥammad Bin ṣāliḥ Al-‘Uṡaimĭn dalam Kitab Syarḥ ḥiliyati Ṭālibi Al-‘Ilmi dengan Syaikh ‘Abd Al-Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz dalam Kitab Al-Jāmi’ Fĭ Ṭalabi Al-‘Ilmi AsSyarĭf)
Kata Kunci : Pendidikan Karakter Religius,Syaikh Muḥammad Bin ṣāliḥ
Al-‘Uṡaimĭn, Syaikh ‘Abd Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz.
Karakter religius memiliki fungsi membangun kesadaran anak tentang adanya
tuhan dan hubungannya dengan pencipta, serta menghantarkan peserta didik
dengan potensi yang dimilikinya menjadi insan-insan yang beriman dan bertakwa,
berakhlaq mulia, tertib dan disiplin sesuai dengan peraturan yang ada, sopan
santun, terhadap guru dan orang tua, jujur, rajin belajar, menghargai sesama dan
peduli terhadap lingkungannya.
Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pemikiran Syaikh
Muḥammad Bin ṣāliḥ Al-‘Uṡaimĭn Tentang Nilai Pendidikan Karakter Religius,
Bagaimanakah Pemikiran Syaikh ‘Abd Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz Tentang Nilai
Pendidikan Karakter Religius, Bagaimana Persamaan dan Perbedaan Nilai
Pendidikan Karakter Religius menurut keduanya dan Bagaimana Relevansi Nilai
Pendidikan Karakter Religius pemikiran Syaikh Muḥammad Bin ṣāliḥ Al-
‘Uṡaimĭn dan Syaikh ‘Abd Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz dengan pendidikan saat ini.
Dari focus tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
jenis studi pustaka dan analisi data menggunakan analis isi.
Penelitian ini menyimpulkan Nilai pendidikan karakter religius Menurut
Syaikh Al-‘UṠaimĭn, Yaitu; pertama, Dimensi ideologi atau keyakinan. ialah.
Mengikuti ulama salaf dan meninggalkan berdebat. Kedua, dimensi praktek
agama. ialah, mengamalkan ilmu. Ketiga, dimensi pengalaman atau feeling. ialah
ikhlas, takut kepada Allah Swt dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt.
Keempat, dimensi konsekuensi atau effect. ialah iffah, hilmu, sabar, tawadlu,
qanaah, zuhud dan muruah.Kelima, dimensi intelektual. rihlah ilmiah, membuat
catatan, munadzarah dan mudzakarah..
Nilai pendidikan karakter religius Menurut Syaikh ‘Abd Al-Qādir Bin ‘Abd
Al-‘Azĭz Dalam Kitab Al-Jāmi’ FĭṬalabi Al-‘Ilmi As-Syarĭf) bisa difahami dari
lima dimensi religiusitas yang ditawarkan oleh glock dan stark. Yaitu; pertama,
Dimensi ideologi atau keyakinan. Yang termasuk dimensi ini, ialah. Hukum
mempelajari ilmu tauhid . Kedua, dimensi praktek agama. Yang termasuk dimensi
ini ialah, mengamalkan ilmu. Ketiga, dimensi pengalaman atau feeling. Yang
termasuk dimensi ini ialah ikhlas. Keempat, dimensi konsekuensi atau effect.
Yang termasuk dimensi ini ialah sabar, mensucikan diri dari maksiat dhahir dan
batin serta menghiasi diri dengan akhlaq yang baik.Kelima, dimensi intelektual.
Tidak tersedia versi lain