Text
Nilai-nilai Pendidikan Tasawuf Akhlaki (Studi Analisis Dalam Buku Kalam Hikmah RKH. Muhammad Syamsul Arifin
Kata Kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan, Tasawuf Akhlaki, Kalam Hikmah, RKH.
Muhammad Syamsul Arifin.
Tasawuf akhlaki adalah ajaran yang membahas tentang kesempurnaan dan
kesucian jiwa yang diformulasikan pada pengaraturan sikap mental dan
pendisiplinan tingkah laku secara ketat, guna mencapai kebahagian yang
sempurna dan optimal. Sehingga diperlukan usaha-usaha penyucian dalam diri
manusia melalui penanaman nilai-nilai tasawuf. Buku Kalam Hikmah merupakan
buku kecil yang menjelaskan tentang nilai-nila pendidikan tasawuf, namun lebih
menfokuskan pada nilai-nilai tasawuf akhlaki. Buku ini dikarang oleh RKH.
Muhammad Syamsul Arifin yang didalamnya terdapat nilai-nilai tasawuf yang
berupa merupakan bagian dari nilai-nilai tasawuf akhlaki.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research) yakni
dilakukan dengan cara membaca menelaah atau memeriksa bahan-bahan
kepustakaan. Sumber data primernya adalah buku Kalam Hikmah Karya RKH.
Muhammad Syamsul Arifin dan sumber sekundernya berupa kitab, buku, atau
dokumen-dokumen lainnya yang menunjang dan berkaitan dengan buku Kalam
Hikmah. Sementara untuk tehnik analisis data menggunakan analisys content.
Nilai-nilai pendidikan, tasawuf akhlaki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai Pendidikan Tasawuf
Akhlaki yang terkandung dalam Buku Kalam Hikmah karya RKH. Muhammad
Syamsul Arifin meliputi Istiqomah, Sabar, Tawadhu’, Wara’, Qona’ah dan
Tawakkal. 2) Tipologi Pemikiran Keislaman RKH. Muhammad Syamsul Arifin
dalam buku Kalam Hikmah merupakan Tipologi Pemikiran Islam Tradisional
karena lebih menekankan Pemikiran-pemkiran Keislaman yang masih terikat kuat
dengan pemikir-pemikir ulama’ ahli fiqih, hadits, tasawuf dan kehidupankehidupan ulama’ yang hidup diantara abad ke-7 M. Hingga abad ke-13 M. 3)
Dalam buku Kalam Hikmah memiliki relevansi dengan Mata Pelajaran Aqidah
Akhlak Kurikulum 2013. Karena dalam buku mata pelajaran aqidah akhlak
kurikulum 2013 dan buku Kalam Hikmah saling barkaitan mulai dari materi,
tujuan dan ruang lingkupnya, dalam hal ini untuk membentuk prilaku yang baik,
menghindarkan akhlak tercela, baik dari dalam maupun dari luar hati dengan
menekankan pada sistem olah hati dengan prosesnya berupa takhalli, tahalli dan
tajalli.
Tidak tersedia versi lain