Text
Konsep Pembelajaran Daring dalam Pemikiran Thariq Abd AlRa’ûf ‘Âmir (Telaah dalam Kitab al-Ta’lîm ‘an Bu’din wa alTa’lim al-Maftûh)
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Thariq Abd Al-Ra’ûf ‘Âmir,
E-learning diadopsi dan diimplementasikan, antara lain karena e-learning
merupakan cara yang relatif cepat untuk mendistribusikan bahan ajar, materi elearning juga dapat diperbaharui dengan cepat, dapat diakses oleh lebih dari satu
user. Sehingga e-learning mengubah konsep pembelajaran melalui Internet. Dan
Thariq Abd Al-Ra’ûf ‘Âmir, menyebut e-learning sebagai salah satu bentuk
pembelajaran jarak jauh. Thariq Abd Al-Ra’ûf ‘Âmir adalah tokoh pendidikan
dari Mesir. Banyak buku dan artikel karya-karya beliau di bidang pendidikan. Dan
yang akan penulis kaji dalam penelitian ini sebagai sumber utama adalah kitab alTa’lîm ‘an Bu’din wa al-Ta’lim al-Maftûh.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan
pembelajaran daring menurut Thariq Abd Al-Ra’ûf ‘Âmir dalam kitab al-Ta’lîm
‘an Bu’din wa al-Ta’lim al-Maftûh, menjelaskan konsep, karakteristik dan
kelebihan pembelajaran daring dan menganalisis relevansi konsep pembelajaran
daring pemikiran Thariq Abd Al-Ra’ûf ‘Âmir dalam pembelajaran berbasis
teknologi informasi. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dan termasuk jenis penelitian studi pustaka, yang memerlukan olahan
kebermaknaan secara filosofis, teoritis yang terkait dengan nilai.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Perkembangan pembelajaran jarak
jauh sudah ada tahun 1728, dan pertama kali digunakan dalam pembelajaran
korespondensi oleh Sir Isac Pitman tahun 1840 dan tahun 2020 telah diberlakukan
pendidikan jarak jauh di seluruh dunia.
Konsep pembelajaran jarak jauh Thâriq Abd. Ra’ûf ‘Âmir adalah sebuah
layanan pendidikan bagi mereka yang membutuhkan penyesuaian tempat dan
waktu yang diinginkan, tidak terbatas pada kontak langsung antara guru dan
siswa, memungkinkan terjadinya komunikasi terus menerus antara pendidik,
peserta didik dan institusi dengan menggunakan media bahan cetakan, jaringan
telepon dan teleks, program yang disiarkan di radio dan televisi, atau kaset yang
direkam dalam video, kaset dan disk komputer.
Konsep Pembelajaran jarak jauh Thâriq Abd. Ra’ûf ‘Âmir relevan
dengan konsep pembelajaran berbasis teknologi informasi, khususnya dari sisi
media pembelajaran, karena keduanya merupakan pembelajaran yang
memanfaatkan penggunaan media komunikasi dan teknologi informasi seperti
bahan cetakan, jaringan telepon dan teleks, dan program yang disiarkan di radio
dan televisi (media audio visul), atau kaset yang direkam dalam video, kaset dan
disk komputer. dan jaringan internet
Tidak tersedia versi lain