Text
Kandungan Sikap Sosial dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VII
Kata Kunci: Kandungan, Sikap Sosial, Buku Teks
Era Globalisasi yang terjadi sekarang ini telah banyak berpengaruh dalam
berbagai sendi kehidupan dan menimbulkan masalah sosial. Masalah sosial yang
terjadi antara lain seperti individualistis, egoistis, kurang dapat berkomunikasi
secara efektif, rendahnya empati, kurangnya rasa tanggung jawab, tingkat disiplin
yang rendah, kurangnya kerjasama dan interaksi dalam kehidupan bermasyarakat.
Untuk itu menarik untuk melihat kualitas buku teks Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti SMP kelas VII sebagai pembentuk sikap sosial siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan library
research. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran secara umum buku teks
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII, dan kandungan sikap
sosial dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII.
Mengingat siswa pada tahap ini telah memasuki tahap remaja awal yang memiliki
peran penting dalam proses pertumbuhannya. Sehingga buku teks ini diharapkan
mampu menyajikan materi yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; buku teks ini disusun berdasarkan
Komptensi Inti (KI) yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam Kurikulum
2013. dari segi materi terdapat dua materi yang terkandung sikap sosial yakni bab
4 dan bab 5 (menjalin silaturrahim dan gotong royong). Sedangkan sikap sosial
berdasarkan permendikbud terdapat dalam semua bab seperti sikap jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, percaya diri. Dalam permendikbud sikap sosial terdapat
pada pemberian tugas kelompok. Melalui ini lah siswa bisa mengembangkan
kecakapan hidup, dengan berinteraksi antar sesama serta saling bekerja sama
untuk menyelesaikan tugas yang di terima. Semua itu telah mencerminkan nilai
yang terkandung dalam KI-2 dan KD nya. Dengan demikian buku ini bisa
diterima karena sudah terkandung sikap sosial yang nantinya akan memberikan
kontribusi positif dalam perkembangan siswa SMP kelas VII. Namun, perlu
diketahui juga bahwa buku ini masih belum menerapkan sumber IT, serta uraian
latihan dan tugas belum berbasis literature seperti berita dalam surat kabar
(KORAN), majalah maupun media sosial. Sehingga siswa yang rasa ingin taunya
meningkat menjadi tidak terdukung.
Tidak tersedia versi lain