Text
Manajemen Pembelajaraban Berbasis Kitab Kuning dalam Membentuk Karakter Sisw di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuqoyah GulukGuluk Sumenep
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kitab Kuning, Karakter Siswa.
Manajemen pembelajaran merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh
pendidik dan peserta didik yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. Manajemen pembelajaran adalah bukti dari pertanggungjawaban
lembaga pendidikan untuk menghasilkan outcomes yang dapat bermanfaat bagi
masyarakat luas. Sehingga proses pembelajaran yang dilakukan oleh para siswa
dapat membeimbingnya menjadi insan paripurna yang memilki kecerdasan
spiritual dan intelektual.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pembelajaran
kitab kuning di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuoyah Guluk – Guluk Sumenep
dengan fokus pada: (1) manajemen pembelajaran pada aspek perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuqoyah. (2) Karakter
yang digambarkan dalam pembelajaran kitab kuning di MA Tahfidz Annuqoyah.
(3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab kuning di MA Tahfidz
Annuqoyah Guluk – Guluk Sumenep.
Penelitian ini menggunnakan pendekatan kualitatif dengan jenis
pendekatan fenomenologi untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena
yang sedang dan akan diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analiasi data meliputi reduksi
data, pengumpula data, display data dan pengambilan kesimpulan. Pengecean
keabsahan data dengan menggunaka teknik kepercayaan, keteralihan,
ketergantugan dan kepastian. Sedangkan pengujian terhadap krediblitas dalam
penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber, metode dan teori.
Temuan penelitian berkenaan dengan manajemen pembelajaran kitab
kuning di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuqoyah menunjukkan bahwa manajemen
pembelajaran kitab kuning bisa dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari data
lapagan mengenai adanya perencanaan pembelajaran kitab kuning yang dilakukan
oleh para pimpinan Madrasah, Para dewan Guru serta TU pada awala tahun
sebelum aktif sekolah yang didalmya membahas beberapa hal yang berkaitan
dengan pembelajaran. Ada beberapa hal yang dibahas dalam perencanaan
pembelajaran sepertihalnya struktur kurikulum, program madrasah, prota, promes
dan RPP.
Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dilaksanakan sesuai dengan
jadwal yang sudah ditetapkan sekolah. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat
langkah-langkah yang dilakuka guru, diantaranya: membuka pelajaran,
menyampaikan materi dan menutup pelajaran. Terdpat suatu program yaitu
takhassus yang diadakan pada setiap kelas dengan jadwal yang berbeda sebagai
perhatian sekolah untuk meninjau ulang pembelajaran kitab kuning yang telah
diajarkan. Evaluasi pembelajaran di MA Tahfidz Annuqoyah dilakukan di akhir
semester (UAS), tengah semester (UTS) dan ulgan harian dengan beragama
bentuk tes. Namun mayoritas dalam pembelajaran kitab kuning ini menggunakan
tes tulis berbentuk essai dan ada juga yang langsung praktik baca kitab.
Karakter yang diharapkan dalam pembelajaran kitab kuning ini agar siswa
mampu berbudi pekerti luhur sesuai dengan apa yang terkandung dalam ajaran
agama. Dengan bekal ilmu agama yang dicekoki di sekolah diharpakan mampu
bersikap hormat baik dilingkungan sekolah, pondok lebih-lebih nanti setelah
terjun di masyarakat. Selain karakter tersebut, terdapat beberapa karakter yang
nampak dalam pembelajaran kitab kuning diantaranya: religius, mandiri, disiplin
dan tanggung jawab.
Faktor yang mendukung dalam pembelajaran kitab kuning yaitu adanya
sumber daya yang kompeten. Para guru yang mengajar memiliki keahlian
dibidangnya dalam mengajarkan kitab kuning. Sedangkan yang mejadi
penghambat dalam pembelajaran kitab kuning yaitu adanya siswa yang memiliki
tingkat kecerdasan yang beragam. Sehingga akan menghasilkan beragam pula
pemahaman-pemahaman para peserta didik.
Tidak tersedia versi lain