Text
Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Menjadi Anggota Di Koperasi Syariah NU Mandiri Pamekasan
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, dan Minat
Dengan melihat kemajuan globalisasi saat ini yang menjadikan persaingan
usaha semakin terbuka lebar yaitu koperasi sebagai salah satu pelaku ekonomi yang
harus memiliki keunggulan agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya.
Koperasi Syariah NU Mandiri Pamekasan yang terdapat beberapa kegiatan
komunikasi pemasaran yaitu, Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung,
Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut, Penjualan Personal. Berdasarkan hal tersebut, maka
ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
pertama apakah komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap minat menjadi anggota
di Koperasi Syariah NU Mandiri Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh
komunikasi pemasaran terhadap minat menjadi anggota di Koperasi Syariah NU
Mandiri Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan
pada penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Instrument penelitian menggunakan
kuesioner yang disebarkan pada masyarakat dengan jumlah sampel sebanyak 99
responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian adalah regresi linear
sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh
komunikasi pemasaran terhadap minat menjadi anggota di Koperasi Syariah NU
Mandiri Pamekasan.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis secara parsial (uji T), diperoleh
nilai signifikan variabel komunikasi pemasaran sebesar Koefisien korelasi 0,00 0,05.
artinya nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka memiliki korelasi atau hubungan
antara komunikasi pemasaran dan minat. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan
antara variabel komunikasi pemasaran dengan variabel minat sehingga hipotesis
dalam penelitian ini diterima, karena didukung oleh data penelitian yang
menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap minat Komunikasi pemasaran memberikan pengaruh sebesar
28,4% terhadap minat menjadi anggota di Koperasi Syariah NU Mandiri Pamekasan,
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam
penelitian ini sebesar 71,6% . secara hasil uji t atau parsial, komunikasi pemasaran
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi anggota. Nilai t hitung
sebesar 6,165 lebih besar dari nila t tabel sebesar 1,987 yang berarti hipotesis Ha
diterima bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap minat menjadi anggota
Tidak tersedia versi lain