Text
Strategi Marketing Mix pada Air Mineral dalam Kemasan Todai “O” dalam Perspektif Ekonomi Islam di Kabupaten Sampang.
Kata Kunci: Strategi, Marketing Mix, Air Mineral.
Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam
memasarkan produk adalah penggunaan Marketing mix. Bauran pemasaran adalah
sebagai seperangkat variabel pemasaran, yang dapat dikendalikan dan dipadukan
perusahaan untuk mempengaruhi permintaan terhadap produk. Diketahui bahwa
bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi yang bersifat unik
serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk
pasar yang dituju. Adapun bauran pemasaran yaitu dibagi menjadi empat variabel
yang meliputi: produk, harga, promosi, tempat. Penelitian ini bertujuan untuk,
Pertama,mengetahui penerapan strategi Marketing mix pada air mineral dalam
kemasan Todai “O” di Kabupaten Sampang. Kedua,mengetahui implementasi
strategi Marketing mix pada air mineral dalam kemasan Todai “O” di Kabupaten
Sampang sesuai dengan Syariah.
Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian
kualitatif yaitu penelitian yang menekankan pada quality. Adapun jenis penelitian
ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang
bersifat memaparkan untuk memperoleh gambaran (deskriptif) lengkap tentang
sesuatu yang sedang diteliti. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini,
menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan Strategi
Marketing Mix Pada Air Mineral Dalam Kemasan Todai “O” jika dilihat dari
produk berkualitas. Jika dilihat dari promosinya selalu memberikan potongan
harga, mempromosikan secara langsung, berkomunikasi yang efektif dan ramah.
Jika dilihat dari harganya standar dan mudah dijangkau. Jika ditinjau dari tempat,
perusahaan memiliki tempat yang strategis karena berada di pusat kota, tempat
sangat bersih dan steril. Kedua, Implementasi Strategi Marketing Mix AMDK
Todai “O” sudah sesuai dengan Perspektif Syariah baik dilihat dari produknyadari
sumber mata air yang jelas kehalalannya karena mengambil dari dalam tanah. Jika
dilihat dari harganya yaitu dalam menetapkan harga pemilik menjalankan sesuai
syariat Islam. Promosi dengan mendatangi langsung agen-agen untuk
menawarkan produk. Dilihat dari tempat bukan sengketa, memiliki tempat untuk
sarana beribadah, serta bersih dan suci
Tidak tersedia versi lain