Text
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Guna Mengembangkan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Belajar Siswa Kelas Lima Di SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan.
Kata Kunci : Teknik Think Pair Share, Aktivitas belajar, Pemahaman belajar
Teknik Think pair share adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi
siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu sama lain. Model ini
memperkenalkan ide “waktu berpikir atau waktu tunggu” yang menjadi faktor kuat dalam
mengembangkan kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan, serta lebih sederhana karena
tidak menyita waktu yang lama untuk mengatur tempat duduk ataupun mengelompokkan siswa
dan melatih siswa untuk berani berpendapat dan menghargai pendapat teman.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian
utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana langkah-langkah; kedua, Apa faktor
penghambat dan faktor pendukung dalam mengimplementasikan model pembelajaran
kooperatif teknik think pair share (TPS), guna mengembangkan aktivitas belajar dan
pemahaman belajar siswa kelas lima di SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan tahun pelajaran
2021-2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru
kelas, dan siswa. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, teknik think pair share pertama,
menyampaikan materi dan mengemukakan sebuah pertanyaan umum atau terekspos yang bisa
ditanggapi lewat berbagai macam tanggapan. kedua, guru menyuruh murid agar berkelompok
serta mendiskusikan pertanyaan yang dikasih gurunya. Ketiga, siswa menyampaikan
pendapatnya masing-masing di depan kelas secara bergiliran serta kelompok yang lainya
mendengarkan pemaparan dari temannya. Langkah terakhir yaitu guru serta peserta didik
menyimpulkan tentang apa yang sudah di pelajari pada hari tersebut. Kedua, Faktor pendukung
terlaksananya model pembelajaran kooperatif teknik think pair share guna mengembangkan
aktivitas belajar dan pemahaman belajar siswa kelas lima di SDN Pademawu Barat 1
Pamekasan ialah, ketelatenan guru, sarana dan prasarana, dan juga kekreatifan guru dalam
memilih model dan teknik pembelajaran. Faktor penghambatnya ialah, sumber belajar dan alat
peraga yang masih minim, IQ yang diciptakan oleh peserta didik sendiri, sehingga itu dapat
mempengaruhi proses belajar mengajar
Tidak tersedia versi lain