Text
PeningkatanKeterampilanMenyimakMelalui Penerapan Metode Bercerita pada Siswa Kelas IISDN Tanjung IV KecamatanPademawuTahunAjaran2021-2022
KataKunci:KeterampilanMenyimak,Penerapan,MetodeBercerita
Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyaketerampilanmenyimak
siswakelasIISDNTanjungIV,Masalahyangditelitidalam penelitianini
adalah apakah penerapan metode bercerita dapat meningkatkan
keterampilan menyimak siswa kelas IISDN Tanjung IV Kecamatan
Pademawutahunajaran2021-2022.Sehinggapenelitianinibertujuan
untukmeningkatkanketerampilanmenyimaksiswakelasIISDNTanjung
IVKecamatanPademawutahunajaran2021-2022.
Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanmetode
campuransekuensialeksplanatori(explanatorysequentialmixedmethods)
melaluipenelitian tindakan kelas (classroom action research)yang
dilakukandalam duasiklus,yaitusiklusIdansiklusII.Tindakandari
masing-masingsiklusterdiridaritigapertemuan,dalam setiappertemuan
terdiridariempattahapan yang merupakan tahapan dariPenelitian
Tindakankelasyangmeliputi:perencanaan,pelaksanaan,pengamatan,
danrefleksi.
Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanketerampilanmenyimak
siswa melaluipenerapan metodebercerita pada siswa kelasIISDN
TanjungIVKecamatanPademawu.Halinidibuktikandenganperolehan
nilaihasilbelajaryangmenunjukkandaritotal16siswayangmengikutites
siklusInilairata-ratamecapainilaisebesar74,37,dengan2orangsiswa
yangbelum menuntaskanKKM ataudinyatakanbelum lulus.Sedangkan
padasiklusIInilairata-ratanyamencapainilai81,25dengankeseluruhan
siswasudahmencapainilaiKKM ataudinyatakanlulus,yangberarti
terdapatpeningkatanketerampilanmenyimaksebesar6,88dengansiklus
Iterdapat2orangbelum menuntaskanKKM,dansiklusIIseluruhsiswa
sudahmenuntaskanKKM
Tidak tersedia versi lain