Text
Upaya Guru IPS dalam Menciptakan Daya Tarik siswa pada Pelajaran IPS Dengan Metode Tanya Jawab Di SMPN 3 Pademawu
Kata Kunci: Daya Tarik Siswa, Metode Tanya Jawab
Guru harus mampu memberikan pelajaran yang baik kepada siswa dengan
berbagai metode yang dapat membantu proses pembelajaran salah satunya dengan
metode tanya jawab. Penggunaan metode tanya jawab biasanya baik untuk
maksud-maksud yang diperlukan untuk menyimpulkan atau mengikhtisarkan
pelajaran atau materi yang dibaca. Dengan di bantu tanya jawab, siswa akan
tersusun jalan pikirannya sehingga mencapai perumusan yang baik dan sehat.
Metode tanya jawab ini sangat berguna dalam mengajarkan anak-anak, karena
metode ini membiasakan murid untuk mengungkapkan apa-apa yang terlintas
dalam pikirannya dengan ungkapan yang teratur dan sistematis dan berani
mengemukakan pendapatnya tanpa ada rasa takut dan gemetar, mendorong
mereka untuk mendalami pelajaran, sehingga menambah kecintaan mereka
terhadap pelajaran serta membangkitkan keaktifan berpikir dari mereka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi, informan adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat beberapa cara
yang bisa guru lakukan agar nantinya siswa tertarik dan semangat mengikuti
pelajaran IPS dengan metode tanya jawab, yaitu tidak membatasi jawaban siswa,
menghindari pertanyaan yang jawabannya mengarah kata “YA” atau TIDAK”,
serta memberikan kesempatan pertanyaan menyeluruh kepada seluruh siswa.
Kedua, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi stimulus siswa yaitu adanya
metode pelajaran yang beragam sehingga tidak membuat siswa bosan, guru harus
membuat siswa aktif di kelas, serta adanya kelas yang kondusif. Ketiga, Terdapat
beberapa kendala da solusi dalam pelaksanaan metode tanya jawab pada mata
pelajaran IPS di SMPN 3 Pademawu faktor tersebut adalah adanya metode tanya
jawab bisa menimbulakan permasalahn baru, pertanyaan dapat mengarahkan ke
jawaban yang lebih luas dan menyimpang, metode tanya jawab tidak cocok
diterapkan bagi siswa yang apatis. Solusi yang dapat diberikan adalah dengan cara
guru harus merumuskan tujuan pelajaran terlebih dahulu, guru membatasi jawaba
siswa agar tidak menyimpang dari pertanyaan, serta guru hendaknya memberikan
kesempatan kepada siswa yang apatis untuk memberikan jawabannya sehingga
nantinya akan belajar untuk berpendapat dimuka umum.
Tidak tersedia versi lain