Text
, Implementasi Penilaian Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean.
Kata Kunci: Penilaian, Kurikulum 2013, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana penilaian berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS yang
dilakukan guru IPS di kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean;
Kedua, Problem apa saja yang dihadapi oleh guru IPS dalam melaksanakan
penilaian berbasis kurikulum 2013 di kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah
Tlontoraja Pasean; Ketiga, Bagaimana cara guru IPS mengatasi problem yang
dihadapi dalam melaksanakan penilaian berbasis kurikulum 2013 di kelas VII
MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian
meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam
pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat
kepercayaan yang meliputi triangulasi.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Pertama, guru yang ada di
MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean melaksanakan proses penilaian.
Penilaian yang dilaksanakan dan dilampirkan di dalam RPP memiliki tujuan
sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan tindak lanjut dalam melaksanakan
proses pembelajaran. Penilaian untuk hasil belajar siswa berbasis kurikulum 2013
terdapat tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Setiap
aspek itu memiliki acuan kriteria dalam proses penilaiannya; Kedua,
Problem/masalah yang dihadapi para guru di MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja
Pasean dalam pelaksanaan penilaian seperti terlalu banyaknya pekerjaan yang
harus dilakukan oleh guru, selain sebagai pengajar, guru juga memiliki
tanggungjawab untuk menilai dari hasil belajar siswanya. Selain problem yang
dihadapi oleh guru, siswa juga mengalami problem terkait dengan proses
penilaian berbasis kurikulum 2013. Sebagian siswa mengalami kesulitan dalam
mencerna pelajaran yang disampaikan oleh guru dikarenakan tidak adanya
pendalaman materi yang diberikan oleh guru; Ketiga, Cara guru IPS mengatasi
problem yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian berbasis Kurikulum 2013 di
kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean yaitu melalui kepala sekolah
dengan melakukan beberapa usaha mengadakan pertemuan MGMP (Musyawarah
Guru Mata Pelajaran) yang rutin dilakukan sebulan sekali serta mengadakan
musyawarah yang tidak resmi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran untuk
saling bertanya dan saling memberi saran
Tidak tersedia versi lain