Text
Pemanfaatan Media Visual Grafis Cetak pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 8 Pamekasan
Kata Kunci : Media visual grafis cetak, Pembelajaran IPS
Pada setiap pembelajaran, tentunya membutuhkan kreativitas guru dalam
menyampaikan materi kepada siswanya, misalnya dengan memanfaatkan media visual grafis
cetak pada pembelajaran IPS. Berdasarkan observasi awal, guru IPS kelas VIII di SMPN 8
Pamekasan telah memanfaatkan media visual grafis cetak saat pembelajaran IPS berlangsung,
sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat dikatakan optimal karena dapat menciptakan
suasana belajar siswa yang aktif di kelas.
Untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media visual grafis cetak pada pembelajaran
IPS, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1)
bagaimana pemanfaatan media visual grafis cetak pada pembelajaran IPS Kelas VIII di
SMPN 8 Pamekasan; (2) apa saja factor pendukung dan penghambat dalam penggunaan
media visual grafis cetak pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 8 Pamekasan; dan (3)
bagaimana perbedaan respon siswa sebelum dan sesudah menggunakan media visual grafis
cetak pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 8 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, guru IPS kelas VIII, dan siswa. Sedangkan pengecekan
keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data,
dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan media visual grafis cetak pada
pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 8 Pamekasan dinilai lebih prakatis dan mempermudah
guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Hal ini dibuktikan karena dapat
menciptakan suasana kelas yang aktif saat pembelajaran berlangsung; (2) faktor pendukung
penggunaan media visual grafis cetak pada pembelajaran IPS, yaitu semangat guru dalam
menyampaikan materi kepada siswa dengan menggunakan media visual grafis cetak,
penguasaan materi oleh guru sehingga dapat memvisualkan materi ajar, dan fasilitas yang
mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam penggunaan media visual grafis cetak pada
pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 8 Pamekasan, yaitu fasilitas yang kurang lengkap dan
biaya yang kurang memadai; dan (3) perbedaan respon siswa sebelum dan sesudah
menggunakan media visual grafis cetak, mayoritas siswa lebih tertarik apabila menggunakan
media tersebut.
Tidak tersedia versi lain