Text
Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII Di MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan.
Kata Kunci : Peran Guru, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Keberhasilan suatu pempelajaran tak lepas dari peran guru
sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolah. Dalam proses
pembelajaranya, guru dituntut untuk memiliki kemampuan meningkatkan
kualitas pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang kondusif dan
berkualitas pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Tahfidz
Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, serta untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pengajar IPS di sekolah
MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan
Untuk mencapai penelitian diatas, digunakan pendekatan
penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik
yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian
meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan
dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan
derajat kepercayaan yang meliputi triangulasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Guru mempunyai
peran yang komplit, yaitu,pengelola kelas, guru mediator dan fasilitator,
guru berperan sebagai pemimpin, pengajar dan pendidik, guru sebagai
contoh kepada siswanya. Dan kerja sama yan baik antara guru dan siswa.
(2) Faktor pendukung yaitu ada dua faktor. Pertama,faktor internal,
merupakan faktor pendukung yang lahirdiri sendiri yang ada pada diri
seorang guru. Kedua, faktor eksternal, dalam proses belajar mengajar
melibatkan dua kelompok yaitu guru dan siswa. Ketika siswa menjadi
faktor pendukung dan penghambat berhasil tidaknya sistem belajar
mengajar IPS di MTs Tahfidz Ismailiyah
Tidak tersedia versi lain