Text
Peran Guru IPS dalam Meningkatkan Sikap Hormat dan Saling Menghargai di Kelas VII MTS Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Peningkatan sikap Hormat, dan Saling
Menghargai.
Ada dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana peran guru IPS dalam meningkatkan sikap hormat dan saling
menghargai di kelas VII MTs Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan
Palengaan Kabupaten Pamekasan? Kedua, Apa saja kendala yang dihadapi oleh
guru serta solusinya dalam meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai di
kelas VII MTs Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten
Pamekasan?
Peran guru dalam meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai salah
satunya guru harus memiliki sifat atau sikap perilaku yang harus diketahui atau
dipahami dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari yang
mencerminkan sikap hormat dan saling menghargai kepada diri sendiri,
masyarakat, dan keluarga. Seorang guru harus memiliki sifat, adil dan jujur, karena
pada dasarnya guru adalah amanah yang patut memberikan sifat keteladanan
kepada siswanya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian
meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam
pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat
kepercayaan yang meliputi triangulasi.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Pertama, Peran guru IPS dalam
meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai di kelas VII MTs Miftahul
Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan mempunyai
peranan yang sangat penting dalam meningkatkan sikap hormat dan saling
menghargai siswa karena pada hakikatnya pelajaran IPS itu mengacu pada
kehidupan sosial melalui beberapa tahapan yaitu: a) Memberikan arahan dan
bimbingan, b) Siswa selalu mengucap salam serta berjabat tangan dengan guru
ketika sedang berpapasan dimanapun mereka berada, c) Pada saat pembelajaran,
siswa menyimak penjelasan guru dengan posisi dudukyang sopan, d) Dengan
sesama teman siswa selalu menghargai. Kedua, kendala dan solusi dalam
meningkatkan sikar hormat dan saling menghargai di kelasa VII MTs Miftahul
Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan diantaranya
adalah: a) Karakter siswa yang berbeda-beda, b) Adanya perkembagan teknologi
seperti gadged yang bertambah canggih setiap tahunnya, c) Melakukan pendekatan
yang lebih dengan siswa, d) Guru harus bersikap adil dan wajar atau tidak memihak
kepada seseorang atau sekelompok saja, e) Guru dapat memberikan hukuman yang
mendidik.
Tidak tersedia versi lain