Text
Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Sabilul Ihsan Jalmak Pamekasan,
Kata Kunci: Keaktifan siswa, model pembelajaran cooperative learning, metode
sosiodrama.
Keaktifan siswa sangat penting dalam sebuah pembelajaran, terkadang
kekatifan siswa sangat dipengaruhi bagaimana cara guru dalam menerapkan model
pembelajaran, seperti halnya model pembelajaran cooperative learning dengan
menggunakan metode sosiodrama ini, hal ini sangat efektif untuk diterapkan dalam
rangka meningkatkan kekatifan siswa di dalam kelas.
Fokus penelitian ini adala: Pertama bagaimana penerapan model
pembelajaran Cooperative Learning dengan metode sosiodrama untuk
meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah SMP Sabilul
Ihsan Jalmak Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung
peningkatan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan metode
sosiodrama untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di
sekolah SMP Sabilul Ihsan Jalmak Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi
dari beberapa informan seperti guru dan siswa, sedangkan untuk pengecekan dan
kekuatan pengamatan memalui triangulasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu model pembelajaran cooperative learning dengan
menggunakan metode sosiodrama ini, memang benar-benar baik untuk diterapkan
karena memang bisa membuat keaktifan siswa semakin meningkat, adapun faktor
penghambat dari penerapan metode ini yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang
ada disekolah seperti media pembelajaran, faktor pendukungnya yaitu, guru selalu
antusias dalam menjelaskan bagaimana cara mendramakan peran dengan baik,
dan guru selalu memberikan hadia bagi setiap peserta didik yang bisa
memerankan perannya dengan baik
Tidak tersedia versi lain