Text
. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Offline Pada Mata Pelajaran IPS di MTs. Miftahul Ulum Pagendingan
Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Media Pembelajaran, Mata Pelajaran IPS.
Perpustakaan sekolah merupakan media atau jembatan yang menghubungkan antara sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Karena karya hasil pemikiran para ilmuwan yang dituangkan dalan bentuk tulisan baik berbentuk cetak seperti buku, jurnal, artikel, buletin dan lainnya maupun non cetak yang disimpan di dalam sebuah perpustakaan.
Hasil karya para ilmuwan yang berbentuk cetak dan non cetak tersebut akan menjadi media untuk penunjang pendidikan. Akan menjadi media pembelajaran offline dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sehingga tujuan pendidikan Nasional akan tercapai dengan baik. Mata pelajaran IPS itu sendiri merupakan ilmu-ilmu yang mempelajari tentang kehidupan bermasyarakat. Bagaimana masyarakat berperilaku, bersikap dan beraktivitas dalam kehidupannya. Pemanfaatan perpustakaan secara maksimal oleh siswa dan guru dapat memudahkan dalam proses belajar mengajar melalui buku-buku yang disediakan.
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai media pembelajaran offline pada mata pelajaran IPS di MTs, Miftahul Ulum Pagendingan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai media pembelajaran offline pada mata pelajaran IPS di MTs. Miftahul Ulum Pagendingan.
Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kualitatif yang berisifat deskriptif karena mendiskripsikan fenomena – fenomena alamiah. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer terdiri dari guru mata pelajaran IPS, petugas perpustakam dam siswa MTs Miftahul Ulum Pagendingan. Sumber data sekunder terdiri dari kepala sekolah MTs Miftahul Ulum Pagendingan, RPP, dan dokumen-dokumen yang terkait. Untuk prosedur pengumpulan datanya dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dari hasil penelitian ini diuji dengan tehnik triangulasi metode.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti meliputi; Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai media pembelajaran offline pada mata pelajaran IPS di MTs Miftahul Ulum Pagendingan ada 3 yaitu pemberian tugas oleh guru kepada siswa, pengerjaan tugas-tugas oleh siswa, dan budaya membaca. Faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan sekolah ada 3 yaitu ketersediaan fasilitas atau koleksi buku, suasana perpustakaan, dan semangat siswa. Faktor penghambat pemanfaatan perpustakaan sekolah ada 3 yaitu fasilitas, faktor dalam diri siswa dan faktor kunjungan.
Tidak tersedia versi lain