Text
Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Al-Hasani Rek Kerrek Palengaan Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Guru IPS, Menanamkan Sikap Moderasi Siswa, Mata Pelajaran IPS
Tugas guru terhadap muridnya adalah mendidik ke arah yang lebih baik terutama dalam membentuk akhlak siswa di sekolah maupun di luar sekolah, karena hal ini merupakan kewajiban bagi guru (pendidik) seperti yang dilakukan oleh guru di SMP Al-Hasani Rek Kerrek Palengaan Pamekasan yang selalu membimbing, mengarahkan, mendidik dan berupaya meningkatkan akhlak siswa agar terhindar dari pergaulan bebas yang bisa merusak akhlak siswa.
Berdasarkan hal tersebut ada empat pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: Pertama, strategi guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek. Kedua, dampak strategi guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek. Ketiga, kendala guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek. Keempat, solusi guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. yang menjadi informan yaitu guru IPS, kepala sekolah, dan Murid. Sedangkan data yang dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek Palengaan Pamekasan yaitu dengan penerapan model pembelajaran CTL dan Unggul dalam IMTAQ. Sedangkan dampak strategi guru dalam menanamkan sikap moderasi yaitu siswa tidak tercemar dari pemikiran liberalisme serta siswa memiliki sikap toleransi dan pembiasaan dalam dirinya baik di sekolah maupun di masyarakat. Kendala guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa yaitu Pertama, sikap dan perilaku siswa yang berbeda. Kedua, faktor lingkungan siswa. dan Ketiga, kemajuan teknologi informasi. Solusi untuk guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa yaitu Pertama, penggunaan metode nasehat. Kedua, penerapan metode keteladanan. Ketiga, pengaruh orang tua di rumah.
Tidak tersedia versi lain