Text
Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX Di SMPN 1 Galis Pamekasan,
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan
Sosial.
Dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat guru mampu
mengkontrol dan menstimulus siswa agar sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai. Tidak semua metode pembelajaran akan sesuai apabila diterapkan dalam
proses pembelajaran. Jika metode pembelajaran yang diterapkan tidak sesuai,
maka akan menghambat hasil belajar peserta didik.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana langkah-langkah penerapan metode pembelajaran simulasi
pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IX di SMPN 1 Galis
Pamekasan Tahun Pelajaran 2020-2021. Kedua, Apa saja faktor penghambat dan
pendukung dalam menerapkan metode simulasi. Ketiga, Apa manfaatdari
penerapan metode pembelajaran tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Menyajikan Data
dan Verification Data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan
perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Langkah-langkah penerapan metode
pembelajaran simulasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IX di
SMPN 1 Galis Pamekasan ialah: Tahap persiapan, a). Penetapan topik
pembelajaran dan memberikan gambaran masalah terhadap materi tersebut. b).
Penentuan kelompok dan alat yang digunakan. c). Penetapan pemain serta waktu
yang telah disediakan. Tahap pelaksanaan, a).Simulasi mulai dimainkan oleh
kelompok pemeran yang ditentukan oleh guru. b). Siswa yang lainnya mengikuti
dengan penuh perhatian. c). Kontrol guru, agar siswa terdorong untuk berfikir
dalam menyelesaikan permasalahan. Tahap penutup, a).Diskusi kelas. b). Kritik
dan tanggapan siswa terhadap materi yang di simulasikan. c). kesimulan. Kedua,
Faktor penghambat dan pendukung dari penerapan metode pembelajaran simulasi
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP
Negeri 1 Galis Pamekasan yaitu faktor penghambatnya kurangnya motivasi
sehingga siswa sulit untuk dia atur ketika disuruh membentuk kelompok. Faktor
pendukungnya yaitu lengkapnya sarana dan prasarana. Ketiga, Manfaat penerapan
metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di
kelas IX ialah Suasana proses pembelajaran IPS lebih menyenangkan dan dapat
meningkatkan kemampuan kognitif siswa
Tidak tersedia versi lain