Text
Upaya Guru IPS dalam Membentuk Sikap Peduli Siswa terhadap Lingkungan Hidup di SMP Negeri 5 Pamekasan
Kata Kunci: Guru Ips, Karakter, Lingkungan Hidup.
Penelitian ini bertujuan(1) Untuk mengetahui upaya guru IPS dalam menanamkan sikap
kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup di SMP Negeri 5 Pamekasan. (2) Untuk
mengetahui sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup di SMP Negeri 5 Pamekasan.
(3) Untuk mengetahui kebijakan dari kepala sekolah terhadap lingkungan hidup di SMP Negeri
5 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis
yang berorientasi untuk mendapatkan penjelasan tentang realitas yang tampak atau ada. Sumber
data yang diperoleh oleh peneliti yakni berupa sumber data primer dan sekunder. Sedangkan
teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Narasumber dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah, dan peserta didik. Analisis
data yang dilakukan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data adalah dengan memperpanjang pengamatan dan
triangulasi data.
Upaya guru IPS dalam dalam membentuk sikap kepedulian lingkungan pada siswa di SMP
Negeri 5 Pamekasan adalah mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai,
mengevaluasi. Selain itu juga guru harus bisa memberikan contoh yang baik dan melakukan
kebiasaan bersih-bersih didalam kelas. Sikap kepedulian siswa di lingkungan hidup di SMP
Negeri 5 Pamekasan yaitu dimana siswa lebih banyak yang peduli dikarenakan guru-guru selalu
mengingatkan ketika ingin memulai pembelajaran dan juga banyak himbauan seperti jagalah
kebersihan dan juga ada tempat sampah di depan kelasnya masing-masing yang sudah
disediakan oleh sekolah , jadi anak-anak lebih mematuhi dan siswa yang lain banyak mengikuti
terhadap peraturan yang ada di sekolah. Kebijakan dari kepala sekolah di SMP Negeri 5
terhadap lingkungan hidup yaitu menggunakan Sistem Penjaminan Mutu Internal atau yang
biasa disebut dengan SPMI yang mana SPMI disini berfungsi sebagai pengendali
penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang
bermutu.
Tidak tersedia versi lain