Text
Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Mengoptimalkan Aspek Afektif Peserta Didik di SMPN 8 Pamekasan
Kata Kunci: Strategi, Guru, Aspek Afektif, Pembelajaran IPS
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru IPS ketika pra pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pascapembelajaran (evaluasi) dalam mengoptimalkan aspek afektif peserta didik di SMPN 8 Pamekasan. (2) Untuk mengetahui bagaimana dampak strategi guru IPS dalam mengoptimalkan aspek afektif bagi peserta didik di SMPN 8 Pamekasan. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru IPS dalam mengoptimalkan aspek afektif peserta didik di SMPN 8 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis yang berorientasi untuk mendapatkan penjelasan tentang realitas yang tampak atau ada. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti yakni berupa sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah, dan peserta didik. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data adalah dengan memperpanjang pengamatan dan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini ialah (1) Strategi yang dilakukan guru IPS dalam mengoptimalkan aspek afektif peserta didik terbagi menjadi tiga tahap yaitu Pra pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pasca pembelajaran. Pada pra pembelajaran guru menyiapkan segala keperluan untuk pembelajaran salah satunya menyiapkan rencana pelaksaan pembelajaran (RPP) dan menyiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pada saat pembelajaran guru mengintegrasikan materi pelajaran IPS dengan kehidupan sosial. Pada pasca pembelajaran guru melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah disampaikan dan terus mengontrol kegiatan peserta didik baik di kelas maupun di luar kelas melalui tata tertib yang ada dalam sekolah tersebut. (2) Dampak dari penerapan strategi tersebut adalah membentuk peserta didik ke arah yang lebih positif jika ditinjau dari aspek afektif. Peserta didik semakin disiplin dalam segala hal dan bertanggung jawab dalam semua kewajibannya. (3) Faktor yang mendukung strategi ini adalah Kompetensi guru IPS, b) Tata tertib sekolah, c) Program yang bernama paguyuban d) Motivasi siswa e) Adanya dukungan dari wali murid f) Kegiatan Sosial dan g) Kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat guru IPS dalam mengoptimalkan aspek afektif peserta didik adalah a) Perbedaan Karakter peserta didik, b) Usia peserta didik dan c) Pengaruh Teman.
Tidak tersedia versi lain