Text
Upaya Guru IPS dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan,
Kata Kunci: Guru IPS, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, SMP
Negeri 1 Galis Pamekasan.
Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya pandemi yang sedang
melanda dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran, dimana ada dua istilah
yang digunakan dalam pembelajaran yaitu daring dan luring. Daring merupakan
singkatan dari dalam jaringan artinya semua pembelajaran dialihkan ke dalam
jaringan internet, sedangkan luring merupakan akronim dari luar jaringan internet
atau menggunakan pembelajaran tatap muka langsung ke sekolah.
Adapun fokus dari penilitian ini: Pertama, bagaimana upaya guru IPS
dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dan luring di SMP Negeri 1
Galis Pamekasan. Kedua, bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi guru IPS
dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dan luring di SMP negeri 1
Galis Pamekasan. Tiga, apa dampak implementasi pembelajaran daring dan luring
pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan yang
terakhir dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah sebagai
penanggung jawab sekolah dan juga guru IPS itu sendiri.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru IPS dalam
mengimplementasikan pembelajaran daring dan luring di SMP Negeri 1 Galis
Pamekasan dilakukan dengan beberapa cara: (a) media pembelajaran (b) metode
pembelajaran (c) strategi pembelajaran. Media yang digunakan dalam
pembelajaran daring yaitu aplikasi whatsapp, sedangkan dalam pembelajaran
luring seperti proyektor, papan tulis dan spidol. Metode pembelajaran dalam
pembelajaran daring yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan sedangkan dalam
pembelajaran luring hampir sama dengan pembelajaran daring yaitu ceramah,
tanya jawab dan penugasan. Strategi pembelajaran dalam pembelajaran daring
yaitu active learning, sedangkan dalam pembelajaran luring yaitu saintifik dan
inquiry learning. Kedua, kendala dan solusi yang dihadapi guru IPS dalam
mengimplementasikan pembelajaran daring dan luring di SMP Negeri 1 Galis
Pamekasan dari jaringan internet dan siswa yang sulit diatur untuk masuk sesuai
jadwal yang ditentukan dan solusi atas kendalanya yaitu dengan adanya kerja
sama semua pihak diantaranya guru, siswa dan orang tua dalam melaksanakan
sistem pembelajaran tersebut. Ketiga, dampak implementasi pembelajaran daring
dan luring pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di SMP Negeri 1 Galis
Pamekasan yaitu kurang motivasi belajar dalam mengikuti proses pembelajaran
Tidak tersedia versi lain