Text
Resource Based Learning Menggunakan Media Komputer dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTs Sunan Kalijaga Larangan Luar Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Resource Based Learning, Media Komputer
Resource Based Learning adalah segala bentuk kegiatan belajar yang langsung
menghadapkan peserta didik dengan berbagai sumber (orang, buku, jurnal, surat kabar,
multimedia, web dan masyarakat) dimana siswa akan termotivasi untuk belajar dengan
berusaha meneruskan informasi sebanyak mungkin. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan komputer sebagai media atau alat untuk menyalurkan pesan atau informasi
kepada peserta didik, sehingga dalam suasana pembelajaran peserta didik tidak tidak merasa
bosan dan suasana di kelas terasa hidup. Fokus penelitian ini adalah bagaimana guru
menerapkan resource based learning menggunakan media komputer pada pembelajaran IPS
dan apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penerapan resource based learning
menggunakan media computer pada pembelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Sunan Kalijaga
Larangan Luar Larangan Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Lokasi penelitian yaitu di MTs Sunan
Kalijaga Larangan Luar Larangan Pamekasan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru
Mata Pelajaran IPS dan siswa dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran resource based
learning menggunakan media komputer dimulai dari kegiatan pengenalan, kemudian
membangun pertanyaan, lalu peserta didik dibimbing untuk mencari informasi apa saja yang
harus dicari melalui sumber internet (dengan syarat harus menggunakan sumber yang
terpercaya) setelah itu guru memerintahkan siswa untuk maju kedepan mempresentasikan hasil
jawaban dari permasalahannya sendiri. Keuntungan dari model pembelajaran ini adalah a)
memungkinkan untuk menemukan bakat terpendam pada siswa yang selama ini tidak tampak
b) selama pengumpulan informasi terjadi kegiatan berpikir yang akan menimbulkan
pemahaman yang mendalam dalam belajar c) meningkatkan keterampilan berpikir seperti
keterampilan memecahkan masalah, memberikan pertimbangan-pertimbangan dan melakukan
evaluasi melalui penggunaan informasi dan penelitian secara mandiri d) meningkatkan prestasi
akademik dalam penguasaan materi, sikap dan berpikir kritis. Kekurangan dari penerapan
Resouce Based Learning menggunakan media Komputer adalah: a) Adanya perbedaan materi
pada buku yang dijadikan sebagai sumber belajar, walaupun pokok bahasannya sama. b) Guru
harus memperhatikan lebih teliti sumber-sumber yang dijadikan sumber belajar c) Untuk
siswa-siswa yang memiliki tingkat kemampuan rendah disbanding dengan siswa lain, maka
kesulitan yang didapat akan berbeda dengan siswa lain. d) Guru akan lebih banyak memberikan
penjelasan atas perbedaan-perbedaan yang terdapat pada sumber belajar, yang siswa tanyakan
Tidak tersedia versi lain