Text
Pembentukan Sikap Sosial Melalui Pendekatan Kelompok dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 7 Pamekasan
Kata Kunci : Sikap Sosial, Kelompok, Pembelajaran IPS
Peserta didik berbeda-beda dalam bakat atau bawaannya, terutama karena pengaruh
lingkungan sosial yang berlainan. Kelompok dibentuk untuk menciptakan rasa sosial siswa yang
tinggi dan supaya anak sadar bahwa dirinya merupakan mahluk sosial yang membutuhkan orang
lain. Sedangkan hakikat pembelajaran IPS yang bertujuan membantu siswa menjadi warga
Negara yang baik dan memiliki keceerdasan sosial dalam memaksimalkan perannya di
lingkungan keluarga maupun masyarakat Untuk mata pelajaran IPS diharapkan mampu menjadi
jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai-nilai sikap social siswa melalui
kegiatan belajar mengajar.
Peserta didik di SMP Negeri 7 Pamekasan memiliki keberagaman individu yang besar.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembentukan sikap sosial yang
dilakukan melalui pendekatan kelompok dalam pembelajran IPS di SMP Negeri 7 Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII
A dan guru IPS kelas VII A SMP Negeri 7 Pamekasan. Objek dalam penelitian ini adalah
pembentukan sikap sosial siswa melalui pendekatan kelompok dalam pembelajaran IPS.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk itu
instrument yang dibuat berupa pedoman wawancara untuk guru dan siswa, pedoman observasi
untuk siswa, dan pedoman analisis dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan sikap sosial melalui pendekatan
kelompok dalam pembelajaran IPS dapat dibentuk dengan pertama memberi contoh langsung
terhadap siswa kedua dengan menggunakan perjanjian, ketiga menggunakan sistem rangking.
Sedangkan implikasi sosial dari Pendekatan kelompok dalam pembelajaran IPS diharapkan dapat
membantu siswa membentuk sikap sosialnya dan menjadikan pribadi yang disiplin, tolong
menolong. Sopan santun dan bertanggung jawab.
Tidak tersedia versi lain