Text
Penggunaan Sensus De Jure dalam Mempermudah Pengolahan Data dan Analisis Data Kependudukan Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Plus Al-Waroqot,
Kata Kunci: Sensus De Jure, Pengolahan Data dan Analisis Data
kependudukan, Siswa Kelas XI
Seiring dengan semakin majunya teknologi informasi sekarang ini telah
menciptakan persaingan yang semakin ketat hampir di seluruh aspek kehidupan.
Hal ini mengakibatkan kebutuhan siswa akan kemudahan proses pada segala bidang
semakin meningkat. Dalam kependudukan selalu membutuhkan sistem untuk
mengolah data dan analisis data untuk menyimpan, menyalurkan informasi serta
melihat kembali. Sensus de jure ini merupakan suatu penyajian yang mempunyai
kemampuan dalam hal menyajikan informasi secara tepat, cepat dan akurat. Serta
daya tampung yang besar dengan menangani semua data kependudukan yang ada
di wilayah tersebut. Maka dari itu, pendidikan yang memiliki peranan penting
dalam kemajuan dan perkembangan suatu bangsa untuk menciptakan dan
meningkatkan bangsa yang berkualitas. Berdasarkan permasalahan tersebut
penggunaan sensus de jure dalam mempermudah pengolah data dan analisis data
kependudukan sangat penting dimiliki oleh siswa.
Adapun fokus masalah pada penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana
penggunaan sensus de jure dapat mempermudah pengolahan data dan analisis data
kependudukan pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Plus Al-Waroqot?.
Kedua, bagaimana hasil yang diperoleh dari penggunaan sensus de jure dalam
mempermudah pengolahan data dan analisis data kependudukan mata pelajaran
geografi kelas XI di SMA Plus Al-Waroqot?. Ketiga, apa saja kendala yang
dihadapi dalam penggunaan sensus de jure pada mata pelajaran geografi kelas XI
di SMA Plus Al-Waroqot?. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan
jenis penelitian fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi dengan informannya yaitu kepala sekolah, guru dan
siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, dalam meningkatkan
kemampuan siswa guru memberikan proses pembelajaran dan pembinaan, model
penyampaian materi oleh guru, memberikan arahan dan motivasi, serta pemberian
tugas dan praktik. Kedua, hasil yang diperoleh dari penggunaan sensus de jure
yakni mempermudah siswa dalam mendapatkan informasi, mempermudah siswa
dalam mengolah data, mempermudah siswa dalam mengetahui jumlah penduduk
serta mengetahui penduduk maju dan berkembang. Ketiga, kendala yang dialami
siswa yakni karena tidak bisa menganalisis secara langsung, sulit dalam
mendapatkan data penduduk, membutuhkan waktu lama dalam mengerjakan sensus
penduduk, serta sulit mendapatkan data termutakhir. Sejauh ini melihat hasil yang
diperoleh oleh peneliti, penggunaan sensus de jure merupakan cara paling tepat
diterapkan pada siswa Kelas XI SMA Plus Al-Waroqot
Tidak tersedia versi lain