Text
enerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemampua Membaca bagi Siswa Kelas 1 MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep
Kata Kunci : Guru, Kemampuan Membaca, Role Playing
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca yang
dimiliki oleh siswa kelas I. Bimbingan belajar membaca yang masih monoton
menyebabkan siswa merasa bosan saat belajar membaca. Keadaan ini membuat
siswa terhambat dalam membaca dan ketertinggalan saat proses kegiatan
pembelajaran. Sehingga guru perlu adanya penerapan metode yang sesuai untuk
meningkatkan kemampuan membaca. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
penerapan metode role playing dimana yang bertujuan agar dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng
Sumenep.
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian seluruh siswa kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok
Lenteng Sumenep yang berjumlah 15 siswa. Model PTK ini menggunakan model
Kemmis & Taggart 1982, model ini dilakukan beberapa siklus. Yang menjadi
indikator keberhasilan tindakan kelas ditandai dengan adanya perubahan kearah
perbaikan dalam proses kegiatan pembelajaran. Indikator yang dicapai siswa
dalam penelitian ini adalah suatu tindakan dibandingkan dengan standart minimal
yang ditentukan 80% dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan belajar
mengajar. Dalam penelitian ini siswa dikatakan berhasil jika memiliki nilai 75.
Penelitian ini antara peneliti dan guru kelas I MI Miftahul Huda Ellak Laok
Lenteng Sumenep mengadakan kolaborasi untuk menentukan kriteria yang
digunakan dalam keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dan strategi yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan
dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus
terdapat kegiatan perencanaan meliputi : menyiapkan RPP, menyiapkan lembar
intrumen kemampuan siswa, implementasi tindakan penelitian pada pembelajaran
yang dilakukan secara fleksibel, observasi, yang dilakukan pada saat proses
pembelajaran berlngsung, dan refleksi yng dilakukan untuk memikirkan dan
mengkaji ulang hasil tindakan paa kegiatan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan
hasil penelitian yang diperoleh siswa pada pra siklus , siklus I, dan siklus II maka
diketahui bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan membaca
bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep, yaitu, Pertama, Pra
tindakan menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah dengan
nilai kelulusan 40% rata-rata kelas 74,33. Kedua, Siklus I nilai kelulusan siswa
mencapai 53,33% dengan rata-rata kelas 76,73. Ketiga, Siklus II mencapai nilai
kelulusan 86,66% dan rata-rata kelas 85,53. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode role playing dapat meningkatkan kemampua membaca siswa
bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep
Tidak tersedia versi lain