Text
Lembaga Sosial Keluarga Dalam Mendukung Program Pendidikan Home Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Pembelajaran, Home Learning, Keluarga, Pendidikan, Covid-19
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan massifnya penyebaran Covid-19 di
Indonesia pada awal tahun 2020 sehingga berdampak pada kebijakan pemerintah
terkait pemindahan akses belajar dari lembaga pendidikan (sekolah dan
universitas) sebagai langkah atau upaya untuk memutus mata rantai penyebaran
Covid-19 di lembaga pendidikan sehingga pembelajaran dipindahkan ke rumah
peserta didik dan dikenal dengan sebutan home learning. Fokus penelitian
meliputi apa peran dan fungsi lembaga sosial keluarga dalam mendukung program
home learning? apa kendala yang dihadapai lembaga sosial keluarga dalam
mendukung program home learning? dan apa solusi yang diberikan lembaga
keluarga dalam mendukung program pendidikan home learning di Desa Larangan
Luar?. Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka tujuan dari penelitian ini yakni
untuk mengetahui peran dan fungsi lembaga sosial keluarga dalam mendukung
program home learning, kendala yang dihadapai lembaga sosial keluarga dalam
mendukung program home learning, dan solusi yang diberikan lembaga keluarga
dalam mendukung program pendidikan home learning di Desa Larangan Luar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriptif dengan mendekripsikan data yang diperoleh melalui
prosedur pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan
Hubberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Adapun dalam pengecekan data menggunakan triangulasi sumber
dengan melakukan pengecekan mendalam terhadap beberapa sumber data untuk
memperoleh data yang valid serta dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.
Hasil dari penelitian ini yakni aktivitas pembelajaran home learning yang
melibatkan lembaga sosial keluarga selama melakukan pendampingan anakanaknya belajar di rumah pada masa pandemi covid-19 sudah berjalan sesuai
dengan peran yang diambil masing-masing anggota keluarga, hal ini ditunjukkan
dengan adanya pertanggungjawaban yang diberikan lembaga sosial keluarga
dalam memaksimalkan perannya. Salah satu hambatan yang dihadapi lembaga
sosial keluarga yakni adanya tekanan secara psikis kepada orang tua dan anak
saat kegiatan home learning dilaksanakan karena tidak adanya persiapan dan
bekal yang maksimal. Adapun solusi dari aktivitas home learning yakni
menumbuhkan kesadaran pendidikan kepada masyarakat serta adanya perbaikan
secara tuntas untuk mengembalikan tujuan pendidikan yang diharapkan, dimulai
dari memperbaiki komunikasi dalam lembaga sosial keluarga serta pemenuhan
segala fasilitas dan akses yang dibutuhkan selama pembelajaran home learning
berlangsung pada masa pandemi Covid-19.
Tidak tersedia versi lain