Text
Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Ranah Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Mapper Proppo Pamekasan,
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Ranah Kognitif siswa.
Kreativitas guru dalam kegiatan belajar mengajar sangat dibutuhkan,
terutama dalam mengembangkan ranah kognitif siswa, sebab guru yang kreatif
dalam mengajar akan mampu merangsang siswa untuk lebih giat belajar,
memperhatikan materi, serta memahaminya dengan cepat. Adapun permasalahan
yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, pertama ialah Bagaimana
kreativitas guru dalam mengembangkan ranah kognitif siswa kelas VIII Pada
mata pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Mapper Proppo Pamekasan?, yang kedua
Apa saja hambatan kreativitas guru dalam mengembangkan ranah kognitif siswa
kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Mapper Propp Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Pengumpulan data ini dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan interview,
observasi, dan analisis dokumentasi. Informasi dari penelitian ini adalah Kepala
Sekolah, Guru mata pelajaran IPS , Siswa Kelas VIII SMP Al-Azhar Mapper
Proppo Pamekasan. Tekhnik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data
yaitu perpanjangan kehadiran peneliti, observasi secara mendalam, triangulasi.
Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan, Pertama, kreativitas guru dalam
mengembangkan ranah kognitif siswa sangat dibutuhkan, seperti menerapkan
berbagai metode pembelajaran yang menarik dan gaya mengajar yang tidak terlalu
monoton. Hal itu dapat membuat siswa lebih cepat mencerna materi pelajaran
terutama pelajaran IPS yang dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan
karena menuntut siswa untuk menghafal. Kedua, hambatan yang dihadapi guru
IPS dalam mengembangkan ranah kognitif siswa adalah terdapat siswa yang tidak
fokus pada saat pembelajaran berlangsung, dan kemampuan dari setiap siswa yang
berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga guru harus betul-betul
memahami keadaan dari peserta didik
Tidak tersedia versi lain