Text
Analisis Penerapan Metode Collaborative Learning pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan
Kata Kunci: Metode Collaborative Learning, Pembelajaran IPS
Pada setiap pembelajaran, guru harus bisa memilih metode yang tepat sesuai
dengan materi pembelajaran, seperti dengan menerapkan metode pembelajaran
collaborative learning pada pembelajaran IPS. Berdasarkan obeservasi yang ada
dilapangan, guru IPS kelas VIII di SMP Miftahul telah menerapkan metode
collaborative learning pada pembelajaran IPS saat pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui proses penerapan metode
collaborative learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah
Kadur Pamekasan; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung Falah Kadur
Pamekasan dan penghambat dalam penerapan metode collaborative learning pada
pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan; (2) Untuk
mengetahui manfaat dari penerapan metode collaborative learning pada
pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah guru IPS kelas VIII dan siswa. Analisis data
yang dilakukan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan
pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan metode
collaborative learning pada pembelajaran IPS di kelas diterapkan dengan cara
membentuk kelompok. Siswa berdiskusi sesama teman kelompoknya, dengan
demikian memudahkan siswa memahami pembelajaran, sehingga penerapan
metode ini lebih efektif karena siswa bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran;
(2) Faktor pendukung dalam penggunaan metode collaborative learning pada
pembelajaran IPS yaitu, tersedianya sarana prasarana pembelajaran di sekolah
seperti proyektor dan tersedianya perpustakaan sekolah. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu, kurangnya minat belajar siswa; (3) Manfaat dari penerapan
metode collaborative learning pada pembelajaran yaitu; (a) meningkatkan
keaktifan belajar siswa karena system pembelajarannya secara berkelompok
sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran, (b)
memperlancar informasi, (c) memperluas wawasan siswa, serta menanamkan
kerjasama dan toleransi terhadap pendapat orang lain. Hal ini memberikan banyak
keuntungan bagi guru maupun siswa
Tidak tersedia versi lain