Text
Kecerdasan Emosional dalam Membentuk kemandirian belajar siswa IPS Kelas 1X di MTs Sabilil Muttaqin Panaguan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dalam Membentuk kemandirian belajar
siswa IPS Kelas 1X di MTs Sabilil Muttaqin
Dari hal tersebut, dapat dilihat bentuk kecerdasan emosional yang dimiliki
siswa.Namun dari mereka tidak semuanya memiliki dari bentuk kecerdasan
emosional tersebut.Dan juga dari mereka mempunyai beberapa aspek-aspek
kemandirian dalam belajar.Mengelola pada saat pembelajaran yaitu, aspek
tanggung jawab,berdiri sendiri dan percaya diri serta mempunyai motivasi yang
tinggi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana kecerdasan emosional
dalam membentuk kemandirian belajar pada mata pelajaran IPS Kelas IX di
MTs Sabilil Muttaqin. KeduaApa saja faktor yang membentuk kecerdasan
emosional siswa sehingga memiliki kemandirian belajar pada mata pelajaran IPS
di kelas IX di MTs Sabilil Muttaqin.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif,
untuk sumber yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi dengan informannya yaitu kepala sekolah. Guru dan siswa.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut
sertaan, ketekunan pengamatan dan tringulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertamadengan pembentukan
kecerdasan emosional dalam membentuk kemandirian belajar siswa. Bentukbentuk Kecerdasan emosional siswa MTs Sabilil Muttaqin kelas IX MTs, salah
satunya memotivasi diri, kesadaran diri, mengelola emosi dan mengontrol dirinya,
sehingga dibutuhkannya dalam proses pembelajaran terutama pada pelajaran
IPS,dalam kecerdasan emosional dalam membentuk kemandirian belajar yaitu
adanya pendekatan terhadap siswa yang mana nantinya akan memberikan efek
yang positif terhadap siswa tersebut, memberikan arahan dan juga motivasi yang
akan nantinya mengarah terhadap pembentukan kemandirian belajarkedua, Untuk
itu terdiri dari beberapa faktor yaitu internal dan juga eksternal berasal dari
lingkungan dan juga dari diri sendiri yang mana adapenunjang dari mereka
menggunakan beberapa hal yang menarik untuk penunjang siswa dalam proses
pembelajarannya pendekatan seorang guru pun juga sangat dibutuhkan dalam
membentuk kemandirian belajar.
Tidak tersedia versi lain