Text
Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 1 Galis Pamekasan,
Kata Kunci:Gerakan Literasi, Pemahaan Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, bagaimana penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan
Pemahaman Siswa terhadap Materi Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1
Galis Pamekasan, Kedua, apa saja faktor penghambat dan pendukung penerapan
Gerakan Literasi Sekolah dalam Menningkatkan Pemahaman Siswa terhadap
Materi Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Menyajikan Data
dan Verifikasi Data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan
perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Penerapan Gerakan Literasi Sekolah
(GLS) dalam Menningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Ilmu
Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan ialah pelaksanaan GLS
diterapkan kepada semua kelas, yang pelaksanaannya dimulai sebelum jam
pelajaran. Setelah adanya penerapan GLS ini siswa sangat antusias untuk
membaca buku sesuai yang apa mereka senangi terjadi peningkatan pemahaman
siswa termasuk tentang materi ilmu pengetahuan sosial lewat buku yang dibaca.
Dan dampak positifnya siswa dapat tergugah untuk saling tolong meolong dan
menghargai satu sama lain dalam kehidupan sehari-harinya. Kedua, Faktor
pendukung dan penghambat dalam Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
dalam Meningkatkan Pemahaman siswa terhadap Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
di SMP Negeri 1 Galis ialah tersedianya sarana dan prasarana dan tersedianya
perpus dan buku bacaaan yang mencukupi seluruh siswa, serta ikut andilnya guru
baik dalam mengawasi agar jam GLS berjalan dengan baik sedangkan faktor
penghambatnya yaitu adanya beberapa siswa yang kurang disiplin, serta ada
siswa yang masih terpengaruh dari lingkungan luar sehingga siswa tersebut
menjadi nakal, dan minimnya kemauan siswa untuk membaca buku
Tidak tersedia versi lain