Text
Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint pada mata pelajaran IPS di SMPS Islam An-Nur 2 Desa Kodak Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang
Kata kunci : Media Microsoft PowerPoint, Pembelajaran IPS
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan
seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilainilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. konsep
pada pembelajaran IPS akan mudah di pahami apabila seorang guru
mampu menggunakan metode dan media yang tepat dalam
pembelajarannya. Misalkan dengan menggunakan media Pembelajaran
PowerPoint pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan observasi awal guru IPS
di SMPS Islam AN-Nur 2 telah menggunakan media PowerPoint saat
pembelajaran berlangsung. Sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat di
katakan optimal karena dapat menciptkan suasana belajar siswa yang aktif
di kelas.
Untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media Pembelajaran
PowerPoint pada pelajaran IPS, maka ada dua permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini. Yaitu, (1) bagaimana penggunaan
media pembelajaran PowerPoint pada Pelajaran IPS di SMPS Islam AnNur 2; (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan
media PowerPoint pada mata pelajaran IPS di SMPS Islam An-Nur 2.
Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis
penelitian fenomenologis. Sumber data yang di peroleh melalu
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah Guru IPS
kelas VII dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk
analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu redukasi data, penyajian data,
dan Verivikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bawa: (1) penggunaan media
pembelajaran PowerPoint pada mata pelajaran IPS dinilai dapat membantu
guru dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa
memahami materi yang di sampaikan oleh guru dan juga membantu guru
dengan siswa berinteraksi sehingga pembelajaran di kelas menjadi efektif
dan membuat siswa menjadi aktif. (2) fkator pendukung penggunaan
media PowerPoint pada pembelajaran IPS yaitu, adanya fasilitas yang
mendukung, penguasaan materi oleh guru sebelum memulai pembelajaran,
dan kekreatifan guru dalam menyampaikan materi menggunakan media
PowerPoint. Sedabgkan Faktor prnghambat dalam penggunaan media
pembelajaran PowerPoint pada mata peljaran IPS yaitu, yaitu fasilitas
apabila sekolah tidak menyediakan fasilitas yang lengkap, dan guru tidak
memiliki fasilitas tersebut, Pengaruh listrik dalam pendidikan sangatlah di
butuhkan untuk kemajuan dan perkembangan sekolah, disamping itu
proses kegiatan belajar mengajar juga menuntut adanya media
pembelajaran demi mempermudah proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain